Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Semua Hewan Punya Pusar seperti Manusia?

Kompas.com - 22/01/2023, 09:00 WIB
The Conversation,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

Apakah kadal yang melahirkan memiliki pusar, dan apakah reptil yang melahirkan memiliki tali pusar? - Gaelle, umur 12, Bristol, Inggris

Oleh: Louise Gentle*

PERTANYAAN yang sangat menarik!

Pusar secara teknis dikenal sebagai navel atau umbilikus.

Manusia memiliki pusar karena sebelum kita lahir, kita terhubung dengan ibu kita melalui tali pusar. Tali pusar adalah tabung yang memberikan makanan kepada bayi yang belum lahir, yang dikenal sebagai embrio, dan membuang kotoran.

Baca juga: Kenapa Manusia Memiliki Pusar?

Tabung ini berjalan dari plasenta – organ pada ibu yang menyediakan sumber makanan dan oksigen – ke perut embrio.

Setelah lahir, bayi dapat mendapatkan makanan, seperti susu, melalui mulutnya, sehingga tali pusar tidak lagi diperlukan. Tali pusar akan mengerut dan lepas setelah beberapa minggu.

Pada dasarnya, pusar adalah bekas luka tempat tali pusar menempel di perut bayi.

Manusia adalah bagian dari kelompok hewan yang disebut mamalia. Bayi mamalia lainnya berkembang di dalam induknya dengan cara yang sama, yaitu dengan mendapatkan makanan dari plasenta melalui tali pusar.

Ukuran pusar manusia cukup besar, sehingga dapat dengan jelas terlihat. Pusar pada mamalia besar juga terlihat, seperti pada lumba-lumba, orangutan, dan paus.

Mamalia yang lebih kecil, seperti kucing, anjing, dan tikus, juga memilikinya, tetapi bekas lukanya tidak membentuk lubang besar dan umumnya tertutup oleh rambut atau bulu.

Namun, bayi hewan lain berkembang dengan cara yang berbeda. Hewan sebenarnya dipisahkan menjadi tiga kelompok, tergantung pada bagaimana embrio berkembang.

Tipe pertama adalah yang telah kita bicarakan – saat embrio berkembang di dalam tubuh ibu dan mendapatkan makanan dan oksigen yang dibutuhkan dari plasenta.

Jenis kedua adalah hewan yang bertelur. Hewan-hewan ini, termasuk reptil, burung, amfibi, dan beberapa mamalia, tidak memiliki plasenta untuk menyediakan makanan bagi bayinya. Jadi, apakah mereka juga memiliki pusar?

Baca juga: Pusar Menonjol Selama Kehamilan Bisa Jadi Gejala Penyakit

Hewan yang bertelur

Ilustrasi ayam menetascanva.com Ilustrasi ayam menetas

Hewan yang berkembang di dalam telur, bukan di dalam rahim, tetap membutuhkan makanan. Namun, mereka tidak mendapatkan makanan dari induknya. Makanan tersebut ada di dalam telur di area khusus yang dikenal sebagai kantung kuning telur.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com