Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RS Pondok Indah Group

RS Pondok Indah Group adalah grup rumah sakit swasta yang mengelola tiga rumah sakit, yakni RS Pondok Indah - Pondok Indah, RS Pondok Indah - Puri Indah, dan RS Pondok Indah - Bintaro Jaya. Ketiga rumah sakit ini didukung para dokter ahli dari berbagai disiplin ilmu serta mengadopsi teknologi medis terkini untuk memberikan pelayanan kesehatan yang prima dan terdepan.

Ibu Hamil dengan Ambeien Bisakah Melahirkan Normal?

Kompas.com - 21/01/2023, 06:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini
Halo Prof

Konsultasi kesehatan tanpa antre dokter

Temukan jawaban pertanyaanmu di Kompas.com

KOMPAS.com - Seorang pembaca Kompas.com berinisial A, usia 26 tahun, menanyakan mengenai ibu hamil dengan ambeien atau wasir kepada subrubrik Halo Prof! Kompas.com. Berikut pertanyaannya:

"Ibu hamil dengan wasir atau ambeien apakah bisa melahirkan normal? Sampai derajat berapa ambeien atau wasir yang memungkinkan persalinan normal?"

Baca juga: Mengenal Sifilis Kongenital pada Ibu Hamil dan Bahayanya bagi Janin

Pertanyaan tersebut dijawab oleh dr. Mario Krishna, Sp. O.G, Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi RS Pondok Indah – Pondok Indah. Berikut paparannya:

Salam kenal Ibu A, terima kasih atas pertanyaannya.

Ambeien adalah masalah yang sering muncul dalam kehamilan, mengapa demikian? Hal tersebut disebabkan karena dalam kondisi hamil terjadi perubahan hormonal yang menyebabkan perubahan pada struktur pembuluh darah dan peningkatan tekanan dalam perut.

Kurang lebih 33 persen ibu hamil merasakan gejala ambeien yang mengganggu, yaitu gatal, nyeri, bengkak di daerah anus, dan BAB berdarah.

Kondisi ini diperparah dengan adanya konstipasi yang sering juga dirasakan ibu hamil.

Biasanya ambeien yang muncul saat kehamilan akan kembali mengecil dan tidak bergejala setelah kehamilan itu selesai.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk mencegah munculnya ambeien atau mengurangi gejala dari ambeien ini, yaitu:

  • mengonsumsi makanan tinggi serat,
  • banyak minum untuk menghindari konstipasi,
  • menghindari peningkatan berat badan yang berlebih saat hamil, dan
  • tetap aktif bergerak untuk mengurangi tekanan pada pembuluh darah di area panggul karena duduk yang terlalu lama dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di daerah panggul.

Baca juga: Belajar dari Bayi di Jombang Meninggal di Tengah Persalinan, Kapan Ibu Hamil Bisa Melahirkan Normal?

Apabila Ibu sudah merasakan nyeri, silakan lakukan kompres dingin untuk mengurangi gejalanya.

Hingga saat ini ibu hamil dengan ambeien bukanlah indikasi mutlak untuk persalinan bedah sesar, kecuali ada pertimbangan khusus dari dokter spesialis bedah.

Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi mengenai kondisi Ibu ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang merawat Ibu ya.

Semoga penjelasan saya membantu ya, Bu. Semoga kehamilannya berlangsung lancar sampai persalinan nanti. Terima kasih.

dr Mario Khrisna Sp.OGRSPI dr Mario Khrisna Sp.OG

dr. Mario Krishna, Sp. O. G

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

RS Pondok Indah – Pondok Indah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com