Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Ikan di Kutub Selatan Tak Mati Membeku?

Kompas.com - 02/01/2023, 19:31 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kutub selatan menjadi salah satu tempat terekstrem di Bumi, tak ramah ditinggali karena suhu di sana bisa berada jauh di bawah titik beku, angin kencang dan tanpa pohon yang terlihat.

Akan tetapi, makhluk rentan seperti ikan dapat hidup di sana dan mampu berenang di perairan dingin di Kutub Selatan tanpa mati membeku.

Bagaimana ikan tidak membeku saat berenang di perairan dingin Antartika

Dikutip dari Science ABC, Senin (2/1/2023), ikan yang hidup di Samudra Antartika memiliki komposisi berdarah dingin, namun telah mengembangkan adaptasi yang menarik.

Ikan-ikan es ini tentunya harus menemukan cara lain untuk mengatasi suhu beku Antartika karena tak dapat mengandalkan panas tubuh untuk bertahan hidup, yakni melalui zat antibeku dalam darahnya.

Baca juga: Bagaimana Ikan Cavefish yang Buta Ini dapat Temukan Jalan di Kegelapan?

Antibeku pada ikan es Antartika mengacu pada senyawa tertentu yang dapat mencegah pembekuan kristal es pada darah.

Sebagai informasi sangat penting bagi darah untuk terus mengalir ke seluruh tubuh hewan yang hidup. Seperti yang kita ketahui, darah membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh bagian tubuh kita.

Pada ikan yang hidup di tempat dingin, senyawa khusus itu adalah protein antibeku dalam tubuh ikan yang diproduksi seperti protein lain di dalam tubuh.

Protein tersebut ditemukan oleh Dr Arthur L. DeVries, seorang profesor di Universitas Illinois pada tahun 1960-an ketika para ilmuwan di seluruh dunia bertanya-tanya mengapa ikan dapat bertahan hidup dalam kondisi yang begitu keras, termasuk di perairan dingin Antartika 

Baca juga: Bagaimana Ikan Arapaima Berkembang Biak?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com