Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/12/2022, 16:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jerapah adalah hewan tertinggi di Bumi, dengan leher yang sangat panjang. Namun, pernahkah kita berpikir, dengan leher semacam ini, seberapa panjang lidah jerapah?

Sebagai hewan tertinggi di Bumi, jerapah jantan dewasa dapat mencapai tinggi hingga 5,49 meter sementara jerapah betina tingginya mencapai 4,27 meter.

Namun ternyata bukan hanya dikaruniai tubuh yang jenjang. Jerapah juga memiliki bagian tubuh berukuran panjang yang mungkin tak banyak diketahui orang, yakni lidah.

Dikutip dari Giraffe Conservation Foundation, jerapah dewasa memiliki lidah sepanjang 45 hingga 50 cm.

Lidah panjang jerapah ini bukannya tanpa fungsi, hewan tersebut menggunakannya untuk meraih tumbuhan dan pucuk daun terutama dari spesies Senegalia dan Vachellia, hampir seperti tangan atau belalai gajah.

Bentuk lidah jerapah yang panjang dan ramping membuatnya mudah menyelip di antara duri-duri yang ada di kedua spesies tanaman tersebut.

Seperti diketahui Senegalia dan Vachellia telah mengembangkan duri pertahanan yang ganas dan membuat jerapah untuk menggunakan lidahnya yang tangkas untuk memilah daun bergizi dari duri.

Baca juga: Mumi dengan Lidah Emas Ditemukan Lagi di Mesir

Jerapah menyukai kedua jenis tumbuhan itu, karena terbukti menjadi sumber air yang penting bagi jerapah saban harinya. Ini artinya, jerapah dapat mengurangi waktu pergi ke sumber air seperti danau atau sungai.

Pasalnya saat minum, perawakan jerapah membuat mereka rentan terhadap predator. Mereka harus merentangkan kaki lebar-lebar dan menundukkan kepala sampai ke tanah.

Lebih lanjut, lidah jerapah pun memiliki papila (tonjolan pada permukaan lidah) yang tebal sehingga melindungi dari duri-duri di tanaman.

Selain itu, air liur yang kental juga dipercaya membantu melindungi lidah dan mulut jerapah dari mekanisme pertahanan daun favoritnya itu.

Seperti ditulis Safaris Africana, saat lidah mereka terluka air liur khusus ini memiliki sifat antiseptik untuk membantunya sembuh dengan cepat tanpa terinfeksi.

Hal menarik lain dari lidah jerapah adalah warnanya yang biru kehitaman atau keunguan serta warna merah muda pada bagian punggung lidah.

Secara umum diasumsikan bahwa lidah jerapah bagian depan yang berwarna gelap itu untuk melindungi lidah dari paparan sinar matahari yang menyengat saat mereka makan. Namun belum diketahui pasti alasan sebenarnya.

Baca juga: Kenapa Lidah Ular Bercabang Dua?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com