Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/11/2022, 09:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber PHYSORG


KOMPAS.com - Makanan punya peran krusial dalam persiapan misi luar angkasa jangka panjang ke Planet Mars. Makanan akan mendukung perjalanan para astronot selama melakoni misi ke Mars itu.

Studi mengenai makanan pun diperlukan untuk memastikan bahwa makanan bisa memenuhi tugas tersebut dalam kondisi yang baik.

Salah satunya adalah yang dilakukan oleh John Frostad, asisten profesor di bidang teknik kimia dan biologi University of British Columbia.

Frostad bersama timnya membuat cara-cara baru untuk mengenkapsulasi asam lemak omega-3, sehingga dapat dibawa dalam perjalanan ke luar angkasa.

Dikutip dari Phys, Jumat (11/11/2022) omega-3 sangat penting untuk ketahanan mental. Bahkan beberapa hari tanpa omega-3, dapat menumpulkan otak dan membuat performa kurang baik.

Sayangnya, tubuh manusia tak dapat memproduksi omega-3 secara alami, sehingga harus menemukannya dalam makanan yang dikonsumsi. Sumber makanan yang mengandung omega-3 itu antara lain seperti dari ikan, biji rami, atau suplemen.

Baca juga: 3 Misi ke Mars di Bulan Juli, Apa yang akan Dilakukan NASA, China dan Uni Emirat Arab?

"Untuk astronot dan orang lain dalam misi luar angkasa, bagian yang sulit adalah memastikan bahwa omega-3 tetap segar dan layak dikonsumsi dalam bentuk apa pun," jelas Frostad menjelaskan pentingnya makanan omega-3 dalam persiapan astronot dalam misi ke Mars.

Masa simpan sebagian besar kapsul omega-3 adalah sekitar dua tahun, tetapi misi luar angkasa bisa berlangsung lebih lama dari itu dan para astronot tidak bisa mendapatkan segera seperti saat di Bumi.

Sementara itu, studi juga menunjukkan bahwa suplemen omega-3 yang kedaluwarsa dapat memiliki sifat karsinogenik, oleh karenanya persediaan makanan astronot yang harus tersedia selama misi luar angkasa harus tetap dalam kondisi terbaiknya.

Saat ini, tak ada cara yang pasti untuk mengawetkan omega-3 selama lebih dari dua tahun. Akan tetapi tim Frostad berpikir mereka memiliki beberapa hal yang bisa dilakukan.

Pendekatan studi makanan untuk persiapan misi ke Mars, yang saat ini sedang diuji adalah merangkum omega-3 dalam bubuk quinoa.

Baca juga: Misi NASA di Mars Dihentikan Sementara, Apa Penyebabnya?

Halaman:
Sumber PHYSORG
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com