Bukti Keberadaan Keluarga Neanderthal Ditemukan di Gua Siberia

Kompas.com - 24/10/2022, 11:00 WIB
Monika Novena,
Shierine Wangsa Wibawa

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com - Hasil analisis genetik tulang dan gigi sisa-sisa 13 Neanderthal mengungkap hal yang tak terduga.

Peneliti menemukan kelompok manusia purba yang hidup di Asia sekitar 54.000 tahun yang lalu itu memiliki hubungan kekerabatan.

Neanderthal (Homo neanderthalensis) adalah kelompok hominim yang hidup berdampingan dan kawin dengan manusia modern sebelum akhirnya menghilang sekitar 40.000 tahun yang lalu. Mereka memiliki ciri khas dada laras, tubuh kekar dan alis yang menonjol.

Baru-baru ini, para peneliti mempelajari satu kelompok Neanderthal yang tinggal di pegunungan Altai, di tempat yang sekarang disebut Rusia Selatan.

Baca juga: Apa yang Dimakan Manusia Purba Neanderthal?

Kelompok itu, seperti dikutip dari Gizmodo, Sabtu (22/10/2022) terdiri dari tujuh laki-laki dan enam perempuan atau delapan orang dewasa dan lima anak-anak atau remaja.

Kerangka mereka ditemukan di gua Chagyrskaya dan Okladnikov, sekitar 100 kilometer dari Gua Denisova.

"Fakta bahwa mereka hidup pada waktu yang sama adalah hal yang menarik. Ini berarti mereka kemungkinan berasal dari komunitas sosial yang sama," kata Laurits Skov, peneliti di Max Planck Institute for Evolutionary Anthropology dan penulis utama studi tersebut.

"Dan untuk pertama kalinya, kita dapat menggunakan genetika untuk mempelajari organisasi sosial komunitas Neanderthal,” paparnya.

Benar saja, hasil analisis menunjukkan individu di gua Chagyrskaya rupanya memang berkerabat dekat. Ada seorang ayah dan anak perempuan, serta sepasang kerabat tingkat dua yaitu sepupu, bibi, atau nenek.