Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Bengkulu Tadi Malam, Daerah Rawan Gempa dan Tsunami

Kompas.com - 24/08/2022, 10:31 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Gempa bumi berkekuatan M 6,5 telah mengguncang wilayah Samudra Hindia Barat Bengkulu pada pukul 21.31 WIB, Selasa malam (23/8/2022). Kondisi geologi di kawasan tersebut adalah daerah rawan gempa dan tsunami. 

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 6,3.

Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 80 Km arah selatan Kota Manna, Bengkulu pada kedalaman 52 Km.

Menurut informasi dari The United States Geological Survey (USGS) Amerika Serikat, lokasi pusat gempa bumi ini terletak pada koordinat 103,101 BT dan 5,076 LS dengan magnitudo M 6,0 pada kedalaman 58,8 Km.

Sementara itu, berdasarkan data GeoForschungsZentrum (GFZ), Jerman, lokasi pusat gempa bumi berada pada koordinat 103,17 BT dan 4,99 LS, dengan magnitudo M 6,2 pada kedalaman 57 Km.

Penyebab gempa Bengkulu

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa tektonik yang terjadi di Bengkulu merupakan jenis gempa bumi dangkal.

Baca juga: Gempa Bengkulu M 6,5 Tadi Malam Berpusat di Zona Megathrust, Ini Analisis BMKG

Gempa Bengkulu tadi malam terjadi akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Austalia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia tepatnya di Zona Megathrust.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," kata Daryono dalam keterangan tertulisnya, Selasa (23/8/2022).

Sementara itu, berdasarkan analisis Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) yang melihat beberapa data tambahan seperti GFZ Jerman dan USGS Amerika Serikat, serta BMKG menyebutkan bahwa penyebab gempa bumi ini adalah aktivitas zona penunjaman.

Lebih rincinya aktivitas zona penunjaman ini terjadi dengan mekanisme sesar naik berarah barat laut - tenggara dengan sudut landai (low angle), dan kedudukan N 315 E, dip 23 dan slip 98.

Kondisi geologi gempa Bengkulu

Laporan Badan Geologi KESDM juga menunjukkan bahwa daerah terdekat dengan lokasi pusat gempa Bengkulu semalam berada di Kabupaten Kaur.

Baca juga: Gempa Terkini Magnitudo 5,8 Guncang Bengkulu, Tak Berpotensi Tsunami

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com