Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Raung Naik Level Menjadi Waspada, Ini Rekomendasi PVMBG

Kompas.com - 29/07/2022, 17:00 WIB
Mela Arnani,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Terjadi kenaikan status Gunung Raung, Jawa Timur dari normal (level I) menjadi waspada (level II) terhitung mulai Jumat (29/7/2022).

Peningkatan status ini berdasarkan hasil pemantauan dan analisis kegempaan, serta belum stabilnya kondisi kawan gunung berapi yang muncul di lereng sebelah barat kompleks Kawah Ijen ini.

Melansir informasi resmi dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), terekam gempa letusan yang menunjukkan terjadinya peningkatan tekanan secara tiba-tiba pada permukaan yang dangkal.

Peningkatan tersebut terjadi setelah adanya peningkatan gempa vulkanik dangkal, gempa hembusan, dan gempa tektonik jauh. Hal itu menunjukkan telah terjadi pergerakan pusat tekanan menuju permukaan yang selanjutnya menghasilkan letusan eksplosif.

Baca juga: Status Gunung Raung Meningkat dari Normal menjadi Waspada, Apa Potensi Bahayanya?

Dengan masih terekamnya gempa tremor terus-menerus, maka pergerakan fluida ke permukaan diperkirakan masih terjadi meskipun dalam tingkat rendah.

Saat ini, potensi ancaman bahaya berupa lontaran material batuan pijar, tapi sebarannya masih terbatas di dalam kawah. Sedangkan material berukuran abu dapat tersebar lebih jauh tergantung arah dan kecepatan angin.

Rekomendasi

Atas peningkatan status tersebut, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merekomendasikan sejumlah hal kepada masyarakat sebagai berikut:

1. Masyarakat dan pengunjung/wisatawan tidak diperbolehkan mendekati pusat erupsi di kawah puncak dengan radius 3 km.

Baca juga: Mengenal Iceberg, Gunung Es yang Tenggelamkan Titanic

2. Masyarakat di sekitar Gunung Raung diharap tenang dan tidak terpancing isu-isu mengenai erupsi gunung ini, dan agar senantiasa mengikuti arahan dari BPBD Provinsi Jawa Timur dan BPBD Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Banyuwangi, dan Kabupaten Jember.

3. Pemerintah daerah dan BPBD Provinsi Jawa Timur dan BPBD Kabupaten Bondowoso, Kabupate Banyuwangi, dan Kabupaten Jember untuk selalu berkoordinasi dengan PVMBG atau Pos Pengamatan Gunung Raung.

Adapun perkembangan aktivitas gunung raung dapat diakses masyarakat maupun pemerintah daerah dan instansi terkait lainnya melalui aplikasi atau laman MAGMA Indonesia.

Baca juga: Letusan Gunung Tonga Catat Rekor Gelombang Atmosfer Tercepat

Sebagai informasi, pemantauan secara intensif terus dilakukan untuk mengevaluasi aktivitas Gunung Raung dan dikoordinasikan dengan pemerintah daerah dan BPBD setempat.

Status Gunung Raung akan dinaikkan jika terjadi peningkatan aktivitas, dan sebaliknya akan turun apabila aktivitas menurun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com