Kompas.com - 28/07/2022, 17:32 WIB
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com - Bumi adalah planet ketiga dari Matahari dan planet terbesar kelima di tata surya dalam hal ukuran dan massa.

Salah satu fitur yang paling menonjol dari Bumi adalah permukaannya menjadi satu-satunya tempat di alam semesta yang diketahui menyimpan kehidupan. 

Massa Bumi

Dilansir dari Universe Today, massa bumi, jika dituliskan secara lengkap, adalah 5.973.600.000.000.000.000.000 kg. Bisa juga dikatakan massa Matahari memiliki massa 333.000 kali lebih besar dari Bumi dan Jupiter memiliki massa 318 kali lebih besar.

Karena massanya yang tinggi untuk ukurannya, Bumi sebenarnya memiliki kepadatan tertinggi dari semua planet di Tata Surya. 

Baca juga: Dome Fuji, Tempat yang Memiliki Suhu Terdingin di Bumi

Massa jenis Bumi adalah 5,52 gram per sentimeter kubik. Kepadatan tinggi berasal dari inti logam bumi, yang dikelilingi oleh mantel berbatu.

Cara ilmuwan mengukur massa planet

Dikutip dari Astronomy Department, Cornell University, satu-satunya cara untuk mengukur massa planet adalah melalui gravitasinya. Ini juga merupakan cara massa Bumi diukur. 

Teknik yang paling umum digunakan untuk mengukur massa planet adalah mengamati benda yang mengorbit atau melintas di dekat planet dan melihat bagaimana lintasannya dipengaruhi oleh gravitasi planet.

Sebagai contoh, jika melihat bulan mengorbit sebuah planet pada jarak tertentu, periode orbit bulan pada jarak tersebut akan sangat bergantung pada massa planet.

Baca juga: BRIN Potret Gambar Fenomena Langka Komet K2 Melintasi Planet Bumi

Semakin besar planet, semakin kuat ia menarik bulan dan semakin cepat bulan bergerak. 

Sangat mudah bagi para astronom untuk menghitung massa planet setelah mengamati gerakan salah satu bulannya untuk sementara waktu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.