Ikan Tembus Pandang Aneh Ditemukan di Laut Dalam Alaska

Kompas.com - 08/07/2022, 18:02 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Seekor ikan tembus pandang yang tampak aneh mengejutkan sekelompok ilmuwan yang tengah mempelajari laut dalam dekat Alaska.

Hewan aneh tersebut adalah ikan siput berbintik (Crystallichthys cyclospilus), makhluk dasar laut yang hidup secara eksklusif di Pasifik Utara dan dapat bertahan hidup lebih dari 830 meter di bawah permukaan laut.

Para peneliti dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) menemukan ikan siput ini saat menjaring di lepas pantai Kepulauan Aleutian di Alaska, sebagai bagian dari survei rutin ekosistem laut dalamnya.

“Tubuh ikan ini sangat kenyal dan terasa seperti memegang segumpal Jell-O,” ujar Friedman seperti dikutip dari Live Science, Jumat (8/7/2022).

Bentuknya dianggap sebagai adaptasi untuk mempertahankan daya apung netral dan berenang secara efisien sambil menghadapi tekanan yang menghancurkan dari laut dalam.