Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vitamin yang Larut dalam Lemak beserta Sumber Makanannya

Kompas.com - 22/06/2022, 18:34 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

vitamin yang larut dalam lemak adalah -

KOMPAS.comVitamin yang larut dalam lemak adalah vitamin A, D, E, dan K. Vitamin ini merupakan jenis vitamin yang diserap tubuh bersama dengan lemak yang kamu makan.

Vitamin ini bersama dengan lemak akan disimpan di hati dan jaringan lemak tubuh. Vitamin yang larut dalam lemak bisa disimpan oleh tubuh hingga 6 bulan sampai tubuh memerlukannya untuk proses metabolisme.

Berikut ini akan kita bahas masing-masing fungsi vitamin yang larut dalam lemak beserta sumber makanan yang bisa kamu konsumsi.

Vitamin A

Vitamin A adalah vitamin yang berfungsi untuk mengoptimalkan fungsi mata, meningkatkan sistem imun, menjaga fungsi organ reproduksi, dan meningkatkan pertumbuhan sel.

Vitamin A dalam bentuk retinol adalah vitamin yang bisa langsung digunakan oleh tubuh. Dalam bentuk ini, vitamin A ada di dalam tubuh secara alami dan di dalam makanan yang bersumber dari hewani. Contohnya adalah hati sapi, keju, susu, dan ikan.

Sedangkan dalam sayur dan buah, vitamin A terkandung dalam bentuk lain, contohnya beta karoten. Beta karoten di dalam tubuh harus diolah terlebih dahulu oleh tubuh sebelum bisa digunakan. Sayut dan buah yang mengandung vitamin A antara lain bayam, kale, wortel, dan ubi.

Vitamin D

Vitamin D sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang bersama dengan kalsium, serta meningkatkan imun tubuh. Vitamin D tidak terlalu banyak terkandung di dalam makanan. Cara memenuhi kebutuhan vitamin D harian adalah dengan terpapar sinar matahari langsung, bukan melalui jendela. Selain dari sinar matahari, vitamin D bisa didapatkan dengan mengonsumsi jamur, telur, dan minyak ikan.

Vitamin E

Vitamin E adalah antioksidan yang penting untuk melawan radikal bebas dan mencegah proses oksidatif di dalam tubuh. Dalam kadar yang tinggi, vitamin E juga membuat darah menjadi lebih encer sehingga bisa mencegah penyumbatan pembuluh darah.

Makanan sumber vitamin E yang paling baik adalah biji bunga matahari, kacang almon, hazelnut, kacang tanah, bayam, brokoli, kiwi, dan mangga.

Baca juga: 4 Jenis Vitamin untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Vitamin K

Vitamin K merupakan vitamin yang berfungsi untuk proses pembekuan darah. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya perdarahan karena darah sulit membeku. Selain itu, vitamin K juga berfungsi untuk menurunkan risiko penyakit jantung, meningkatkan kesehatan tulang, dan mencegah penumpukan kalsium di dalam darah. Makanan sumber vitamin K adalah kale, hati, bayam, mentega, dan kuning telur.

Keempat vitamin yang larut dalam lemak tersebut penting dan baik untuk tubuh. Namun, karena konsumsinya diserap bersamaan dengan lemak, kamu perlu menjaga agar tidak mengonsumsinya terlalu banyak melebihi apa yang tubuhmu butuhkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com