Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Lapisan Kulit Beserta Masing-Masing Fungsinya

Kompas.com - 19/06/2022, 17:32 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Kulit adalah organ manusia paling luar yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari bakteri, meregulasi suhu tubuh, dan sebagai indra perasa. Kulit terdiri dari tiga lapisan. Berikut ini adalah 3 lapisan kulit:

Epidermis

Epidermis adalah lapisan terluar dari kulit yang biasa kita lihat dan sentuh. Dua fungsi utama lapisan epidermis adalah sebagai penentu warna kulit atau tempat melanin berada dan sebagai pelindung tubuh dr bakteri, sinar matahari, polusi, dan faktor eksternal lainnya.

Epidermis tersusun atas tiga sel utama, yaitu sel squamosa, sel basal, dan melanosit. Sel squamosa adalah sel yang tersusun sebagai lapisan paling luar epidermis. Sel basal adalah lapisan di bawah sel squamosa. Sedangkan melanosit adalah zat pigmen yang memberikan kulit warna.

Dermis

Dermis adalah lapisan tengah kulit. Lapisan ini mendominasi komposisi kulit kita hingga 90 persen. Lapisan ini memiliki banyak fungsi berikut ini:

  • Tempat kolagen dan elastin yang menjaga kulit tetap kokoh dan fleksibel
  • Tempat tumbuhnya rambut (folikel rambut)
  • Tempat reseptor saraf yang menentukan indra perasa
  • Memproduksi keringat dengan adanya kelenjar keringat
  • Tempat pembuluh darah yang menyediakan nutrisi untuk kulit.

Baca juga: Hipodermis, Lapisan Kulit Bawah Tempat Lemak Tersimpan

Hipodermis

Hipodermis adalah lapisan kulit paling bawah. Lapisan ini paling banyak tersusun oleh lemak. Lapisan lemak ini bermanfaat sebagai pelindung otot dan tulang dari benturan atau kondisi lainnya yang mungkin melukai. Selain itu, lapisan hipodermis juga sangat penting untuk regulasi suhu tubuh. Lapisan ini akan menjaga tubuh suhu tubuh tidak kedinginan atau kepanasan.

Kulit merupakan organ penting bagi manusia dan harus dijaga kesehatannya. Kamu bisa menjaga kesehatan kulit dengan menggunakan tabir surya, mengurangi stres, berhenti merokok, dan menggunakan pembersih kulit yang lembut. Jika memiliki kulit yang sehat, tubuh kamu juga akan terjaga dan kulit tampak lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com