Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hipodermis, Lapisan Kulit Bawah Tempat Lemak Tersimpan

Kompas.com - 03/06/2022, 13:30 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Bagian kulit yang berperan untuk menyimpan lemak adalah lapisan kulit bawah atau hipodermis. Kulit terdiri dari tiga lapisan. Lapisan kulit dari yang terluar adalah epidermis, dermis, dan hipodermis. Setiap lapisan memiliki fungsi tersendiri. Lalu, apa fungsi hipodermis?

Apa saja organ penyusun hipodermis?

Hipodermis disebut juga dengan lapisan kulit bawah atau jaringan subkutan. Lapisan ini memiliki beberapa penyusun yang sangat penting, salah satunya adalah lemak. Dilansir dari Cleveland Clinic, jaringan yang terdapat di hipodermis adalah sebagai berikut:

1. Jaringan lemak

Jaringan lemak disebut juga jaringan adiposa. Jaringan ini merupakan tempat penyimpanan lemak yang memiliki dua fungsi utama, yaitu sebagai insulator dan tempat penyimpanan energi.

Fungsi pertama sebagai insulator, maksudnya lemak ini akan membatu menjaga suhu tubuh. Pada suhu dingin, lemak akan menghasilkan panas agar tubuh tidak kedinginan. Sedangkan pada suhu panas, lemak akan meningkatkan produksi keringat yang berfungsi mengeluarkan panas dari tubuh agar tubuh terasa lebih sejuk.

Fungsi kedua, yaitu tempat penyimpanan cadangan energi. Sel penyusun jaringan adiposa adalah adiposit yang berfungsi menyimpan energi.

2. Pembuluh darah

Pembuluh darah yang ada di lapisan kulit bawah meliputi arteri, kapiler, dan vena. Pembuluh darah berfungsi untuk menyampaikan oksigen dan membuang produk sisa metabolisme.

3. Jaringan ikat

Jaringan ikat merupakan jaringan yang menghubungkan berbagai struktur tubuh. Jaringan ikat sebagian besar tersusun atas kolagen dan elastin. Jaringan ini juga membantu untuk melindungi organ dalam dan tulang dari cedera luar.

Di dalam jaringan ikat juga terdapat sel fibroblas, yang berfungsi untuk memproduksi kolagen untuk menyusun jaringan ikat.

4. Folikel rambut

Folikel rambut merupakan jaringan yang berbentuk seperti pipa kecil yang berada di lapisan hipodermis hingga ke lapisan epidermis. Rambut mulai tumbuh pada folikel rambut bagian bawah, yaitu yang berada di hipodermis.

5. Kelenjar keringat

Kelenjar keringat bekerja bersama dengan jaringan lemak untuk menjaga suhu tubuh tetap berada di suhu normal. Suhu normal tubuh adalah sekitar 37 derajat Celsius. Kelenjar keringat akan aktif ketika kita berada di lingkungan yang panas atau sedang berolahraga.

6. Saraf

Salah satu organ penting yang berada di lapisan kulit bawah adalah pembuluh saraf. Saraf akan menerima dan mengirim sinyal elektrik ke semua kelenjar dan otot di tubuh.

Baca juga: Ilmuwan Berhasil Bikin Sel Kulit Manusia Jadi 30 Tahun Lebih Muda

Faktor yang memengaruhi hipodermis

Ketebalan hipodermis bervariasi di setiap bagian tubuh. Dua faktor utama yang memengaruhi ketebalan hipodermis adalah hormon dan keturunan.

Pada pria, hormon yang tinggi adalah testosteron. Hormon ini akan membuat hipodermis paling tebal di bagian perut, lengan, punggung bawah, dan bahu. Sedangkan pada wanita, hormon yang tinggi adalah estrogen. Maka hipodermis paling tebal adalah di pinggul dan paha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com