Kompas.com - 23/05/2022, 11:05 WIB

KOMPAS.com - Voyager 1, wahana antariksa yang telah menghabiskan 45 tahun melintasi Tata Surya mengirimkan data aneh dari luar angkasa yang membuat para ilmuwan bingung.

Para ilmuwan menyebut bahwa wahana masih berfungsi dengan baik. Namun dalam misi baru-baru ini, mereka memerhatikan bahwa pembacaan dari artikulasi sikap dan sistem kontrol (AACS) untuk jangka pendek, tampaknya tak cocok dengan gerakan dan orientasi Voyager 1.

Itu menunjukkan, bahwa wahana antariksa tersebut bingung dengan lokasinya di luar angkasa.

Baca juga: Kisah Voyager 1, Wahana Antariksa Tertua yang Masih Kirim Data Jelang Kematiannya

Sementara itu, AACS sangat penting bagi Voyager untuk mengirim data NASA tentang lingkungan antarbintang di sekitarnya, karena antena wahana tetap mengarah tepat ke planet kita.

Dikutip dari Science Alert, Minggu (22/5/2022) hal ini menurut NASA akhirnya membuat Voyager 1 mengirimkan data yang dihasilkan secara acak dan tak mencerminkan apa yang sebenarnya terjadi di dalam wahana.

Meski begitu, Voyager masih bisa menerima dan menjalankan perintah dari NASA, termasuk mengirim data kembali ke Bumi.

Sejauh ini masalah sistem belum memicu wahana masuk ke 'mode aman', di mana Voyager hanya akan melakukan operasi penting.

"Sampai masalah ini dipahami dengan baik, tim tidak dapat mengantisipasi, apakah masalah itu dapat memengaruhi berapa lama wahana mengumpulkan dan mengirimkan data sains," kata NASA.

Suzanne Dodd, manajer proyek Voyager 1 dan 2 di Jet Propulsion Laboratory NASA dan timnya berharap bisa segera mengetahui apa yang mendorong Voyager 1 mengirim 'data sampah' itu.

Baca juga: 40 Tahun Menjelajah Antariksa, Voyager Masih Rajin Hubungi Bumi

Namun dalam upaya mengungkapnya ,tim sendiri akan mengalami tantangan besar. Dibutuhkan waktu 20 jam dan 33 menit untuk mengirimkan pesan ke lokasi Voyager saat ini. Jadi, pesan pulang pergi antara badan antariksa dan Voyager membutuhkan waktu dua hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.