Kompas.com - 18/05/2022, 20:02 WIB


KOMPAS.com- Pada kondisi normalnya, Miss V atau vagina seorang wanita memiliki sedikit aroma, tetapi saat Miss V berbau seperti telur busuk mungkin ada yang salah dan harus mencari tahu apa yang terjadi.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin di IORA Dermatology Clinic, dr Edwin Tanihaha SpKK MHKes FKCCS mengatakan, saat aroma atau bau di Miss V dirasakan kuat atau lebih kuat dari normalnya, maka kita harus mengevaluasi apakah ada masalah dari kebersihan di area tersebut.

Selain masalah kebersihan di area vagina itu, perlu juga dievaluasi ketidakseimbangan ph, adanya penyakit kulit, keputihan yang tidak normal ataupun bau tidak sedap dari adanya keganasan rahim.

Penyebab Miss V berbau busuk

Edwin menjelaskan, saat ada bau di area Miss V, kita harus memastikan bau ini berasal dari kulit area kelamin dan selangkangan, cairan keputihan, darah atau cairan lainnya.

Baca juga: 6 Penyebab Miss V Gatal, Perih, dan Iritasi

Berikut beberapa penyebab area Miss V berbau seperti telur busuk.

1. Infeksi jamur kulit

Penyebab Miss V bau seperti telur busuk yakni adalah infeksi jamur kulit.

“Penyakit kulit yang biasa menimbulkan bau tidak sedap di area kelamin dan selangkangan yang umumnya disebabkan oleh jamur kulit,” kata Edwin kepada Kompas.com, Selasa (17/5/2022).

Kebiasaan seperti membiarkan area selangkangan lembab dapat memicu tumbuhnya jamur. Penyebab utamanya adalah jamur Candida.

Jamur Candida ini dapat hidup dalam beberapa area tubuh seperti, mulut, tenggorokan, usus, dan vagina.

Infeksi jamur kulit ini seringkali ditandai dengan vagina gatal, sakit atau sensasi terbakar saat buang air kecil atau berhubungan seks, kemerahan atau pembengkakan, serta keputihan abnormal, sehingga menyebabkan vagina atau Miss V bisa berbau tidak sedap atau tidak.

Baca juga: Pakai Kondom, Cegah Penyakit Menular dan Sehatkan Miss V

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.