Kompas.com - 22/04/2021, 20:30 WIB
Ilustrasi gatal pada miss V SHUTTERSTOCKIlustrasi gatal pada miss V
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Gatal pada miss V kerap menimbulkan rasa tidak nyaman. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari menopause hingga penyakit menular seksual (PMS).

Dalam kasus yang jarang terjadi, gatal pada miss V bisa disebabkan oleh stres dan kanker vulva.

Pada umumnya, gatal pada miss V bukan permasalahan yang serius. Namun, jika gatal yang dirasakan semakin parah dan disusul dengan gejala lainnya, segera hubungi dokter atau ginekolog.

Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan untuk menemukan penyebab gatal pada miss V dan memberikan perawatan yang tepat.

Penyebab miss V gatal, perih, dan iritasi

Dilansir dari WebMD, 11 September 2020, ada beberapa penyebab miss V gatal, perih, dan iritasi, di antaranya:

Baca juga: Penyebab dan Gejala Vaginismus, Kontraksi Abnormal pada Otot Vagina

1. Bakteri vaginosis

Memiliki bakteri yang sehat dalam vagina merupakan kondisi yang normal. Namun, bakteri yang salah tumbuh dapat menyebabkan infeksi.

Tak hanya gatal, gejala lain yang menyertai bakteri vaginosis adalah peradangan, rasa terbakar, keluar cairan, dan bau tak sedap dari miss V.

2. Penyakit menular seksual (PMS)

PMS seperti klamidia, herpes kelamin, kutil kelamin, trikomoniasis, gonore, dan organisme lain dapat menyebabkan gatal dan iritasi pada miss V.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X