Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kriosfer, Lapisan Es di Bumi yang Terus Mencair

Kompas.com - 07/05/2022, 19:00 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comKriosfer adalah semua air yang membeku di permukaan Bumi. Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai kriosfer.

Definisi kriosfer dan fungsinya

Kriosfer berasal dari bahasa Yunani kryos yang berarti dingin. Kriosfer digunakan untuk menyebut semua lapisan air yang dingin atau membeku di permukaan Bumi, seperti salju, gleyser, dan gunung es. Oleh karena itu, kriosfer sebenarnya termasuk ke dalam hidrosfer, yaitu lapisan air di permukaan Bumi.

Kriosfer paling banyak terpusat di kutub. Hal ini karena banyaknya gunung es dan salju di daerah kutub, baik Kutub Selatan maupun Kutub Utara.

Walaupun begitu, di daerah lain juga terdapat kriosfer. Contohnya pada negara-negara yang mengalami empat musim. Negara-negara tersebut akan mengalami musim dingin dan memiliki kriosfer.

Kriosfer menjadi salah satu faktor yang signifikan memengaruhi iklim Bumi. Permukaan putih salju dan es di Bumi akan memantulkan panas dari Matahari dan membantu Bumi untuk meregulasi suhu Bumi secara keseluruhan.

Fungsi kriosfer untuk iklim Bumi ini sangat penting. Oleh karena itulah, penelitian mengenai perubahan iklim global paling banyak dilakukan di daerah kriosfer.

Baca juga: Hidrosfer, Lapisan Air yang Menyelimuti Bumi

Kriosfer terus mencair

Saat ini kriosfer terus mencair akibat meningkatnya suhu Bumi. Hal ini terjadi karena efek gas rumah kaca yang disebabkan oleh tingginya emisi gas rumah kaca oleh kegiatan manusia.

Panas yang dipantulkan oleh kriosfer akan dipantulkan kembali ke Bumi dan menyebabkan panas terperangkap di dalam atomosfer Bumi.

Secara umum, kejadian ini membuat suhu Bumi meningkat dan beberapa wilayah kriosfer mencair, salah satunya lautan. Lautan yang permukaan esnya mencair akan menampakkan warna yang lebih gelap dan menyebabkan terserapnya panas Matahari ke dalam lautan.

Hal tersebut menimbulkan efek domino dimana panas yang masuk ke dalam lautan meningkatkan suhu air laut. Kemudian suhu ini akan mencairkan lebih banyak hidrosfer. Jika terus mencair, maka permukaan air laut akan terus meningkat dan berisiko menenggelamkan banyak daerah pesisir di Bumi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com