Jangan Berlebihan, Konsumsi 3 Buah Nastar Setara dengan Sepiring Nasi

Kompas.com - 03/05/2022, 13:02 WIB

KOMPAS.com - Selain ketupat, makanan khas lebaran yang paling banyak dicari, dijumpai dan disukai masyarakat Indonesia adalah kue nastar.

Namun, sebelum Anda makan kue nastar sebanyak yang Anda mau, ketahui terlebih dahulu kandungan gizi yang ada di dalamnya.

Ahli gizi dr Tirta Prawita Sari mengingatkan untuk berhati-hati dalam mengonsumsi nastar karena perlu diingat bahwa mengonsumsi tiga nastar setara dengan makan sepiring nasi.

Baca juga: Hitung Jumlah Kalori Berbagai Makanan Lebaran, dari Opor hingga Nastar

Hal itu karena bahan utama dalam pembuatan nastar adalah gula dan tepung putih tidak berserat.

"Nastar ada bermacam-macam, tergantung bahan yang dipakai. Namun tiga nastar itu kurang lebih memiliki 120 sampai 140 kalori, yang sama dengan sepiring nasi," ujar Tirta seperti dikutip dari portal berita Antara, Kamis (30/5/2019).

Tirta menjelaskan, kandungan gizi pada kue kering yang terbuat dari tepung, gula, telur, dan mentega merupakan karbohidrat dengan sedikit protein dan lemak.

Zat gizi lain seperti vitamin dan mineral, menurut dia, tidak terlalu banyak ditemukan pada kue kering.

"Problem kue kering terbuat dari gula dan tepung. Kebanyakan tepung putih minim serat. Jadi, kue kering itu memang makanan kecil, tapi bicara zat gizi, (kue kering) memiliki banyak kalori," jelas dia.

Saking enaknya nastar dan kita menganggap itu sebagai makanan kecil, beberapa dari kita tanpa disadari mungkin sanggup menghabiskan satu toples nastar seorang diri.

Kalau Anda adalah salah satu yang melakukan hal tersebut, Tirta memperingatkan bahwa terlalu banyak makan nastar bisa memicu naiknya kolesterol.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.