Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Hal yang Harus Diperhatikan untuk Menjaga Kesehatan Anak dari Covid-19

Kompas.com - 20/03/2022, 10:05 WIB
Ellyvon Pranita,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) telah mengeluarkan rekomendasi lengkap mengenai protokol kesehatan yang seharusnya dilakukan pada anak-anak di masa meningkatnya mobilitas dan aktivitas pembelajaran tatap muka (PTM).

Rekomendasi protokol kesehatan pada anak sesuai dengan usianya ini dikeluarkan IDAI dalam merespons kebijakan pemerintah, yang mengumumkan sejak pekan ini mulai dibukanya sejumlah tempat dan pelonggaran syarat perjalanan domestik di Indonesia.

Pelonggaran syarat dan tempat-tempat yang berpotensi ramai ini, tentu akan meningkatkan aktivitas mobilitas yang tentunya juga turut berpengaruh terhadap anak-anak.

Baca juga: Lindungi Anak dari Covid-19, 9 Rekomendasi IDAI Sebelum Sekolah Tatap Muka

IDAI menyampaikan bahwa dalam kondisi pandemi Covid-19 yang belum berakhir tetapi kebijakan pelonggaran telah dikeluarkan ini, para orangtua harus mengawasi dengan ketat protokol kesehatan pada anak, terutama sebelum mereka masuk sekolah tatap muka.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan orangtua untuk menjaga kesehatan anak selama pandemi Covid-19.

1. Masker yang baik untuk anak

Ketua Satgas Covid-19 IDAI, dr Yogi Prawira, SpA(K) menjelaskan, IDAI menganjurkan penggunaan masker dan faceshield pada anak usia 2 tahun ke atas, kecuali terdapat masalah medis yang menghalangi anak-anak tersebut untuk menggunakan masker.

Jenis masker yang baik digunakan adalah masker kain 3 lapis atau masker medis.

Masker akan mencegah penularan kuman dari satu individu ke individu lainnya, dengan menahan partikel virus supaya tidak menyebar di udara.

“Dalam penggunaan masker pada anak harus diperhatikan ukuran dan cara penggunaan yang tepat, sehingga fungsi masker menjadi efektif,” jelasnya.

2. Biasakan mandi dan ganti baju sepulang dari luar

Aktivitas berikutnya yang direkomendasikan agar diperhatikan orangtua terhadap anak-anaknya yakni mandi, dan membersihkan perlengkapan setiap pulang dari sekolah atau setelah pulang beraktivitas di luar rumah.

Aktivitas membersihkan diri dan peralatan dari luar rumah akan membantu mengcegah risiko terpapar Covid-19 yang masih belum berakhir kasusnya penularannya hingga saat ini.

Baca juga: IDAI Keluarkan Rekomendasi Protokol Kesehatan pada Anak untuk Pihak Sekolah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com