Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER SAINS] Konfirmasi Covid-19 Indonesia Naik | Ilmuwan Membiakkan Babi sebagai Donor Jantung Manusia | Subvarian BA.2 Sulit Dideteksi

Kompas.com - 08/02/2022, 07:01 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Dalam sehari, konfirmasi Covid-19 di Indonesia naik 36.057 kasus, menjadi salah satu berita populer Sains sepanjang Senin (7/2/2022) hingga Selasa (8/2/2022).

Terlebih, saat ini, penularan varian Omicron semakin meluas.

Tercatat dengan penambahan kasus baru Covid-19 tersebut, total kasus Covid-19 di Indonesia, sejak penemuan kasus pada awal 2 Maret 2020, mencapai 4.516.480 kasus.

Dengan adanya tren kasus positif Covid-19 yang terus meningkat ini, epidemiolog angkat bicara, kemungkinan puncak gelombang ketiga Covid-19 di Indonesia dapat terjadi.

Kesuksesan transplantasi jantung babi yang dilakukan ilmuwan Amerika Serikat beberapa waktu lalu, membuat para ilmuwan di Jerman berencana membiakkan babi yang dimodifikasi secara genetik sebagai donor jantung untuk manusia.

Ilmuwan Jerman ingin menghasilkan spesies babi baru yang dimodifikasi dari babi di Pulau Auckland.

Para ilmuwan ini menargetkan, percobaan transplantasi jantung babi ke manusia dapat siap dilakukan pada tahun 2025 mendatang.

Berita populer Sains lainnya yakni kabar mengenai penyebaran subvarian Omicron BA.2 yang sudah menyebar di 5 negara di dunia. Namun, penyebaran varian yang dijuluki Son of Omicron tersebut sulit dideteksi.

Artikel tentang 7 tanda kecerdasan menurut sains, juga menjadi salah satu berita populer Sains sepanjang Senin (7/2/2022).

Kendati selama ini, tes IQ (Intelligence quotient) digunakan sebagai pengukur bakat dan kemampuan, namun ternyata ternyata tanda kecerdasan manusia menurut sains, bukan hanya dari IQ yang tinggi.

Berikut ini rangkuman beberapa berita populer Sains sepanjang Senin (7/2/2022) hingga Selasa (8/2/2022).

Konfirmasi Covid-19 Indonesia Naik

Tren kenaikan kasus konfirmasi Covid-19 di Indonesia ini sudah mulai terjadi sejak minggu akhir Januari 2022 sampai awal Februari saat ini.

Berdasarkan peta sebaran Covid-19 yang dilaporkan oleh Satgas Covid, pada pekan akhir Januari 2022, infeksi kasus baru Covid-19 masih rata-rata belasan ribu kasus saja.

Sejak tanggal 3 Februari 2022 kasus baru Covid-19 dilaporkan mencapai 27.197 kasus dalam sehari. Kenaikan kasus konfirmasi Covid-19 itu terus meningkat sampai kemarin.

Dengan adanya tren kasus positif Covid-19 yang terus meningkat ini, apakah artinya Indonesia sudah memasuki puncak gelombang ketiga?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com