Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RS Pondok Indah Group

RS Pondok Indah Group adalah grup rumah sakit swasta yang mengelola tiga rumah sakit, yakni RS Pondok Indah - Pondok Indah, RS Pondok Indah - Puri Indah, dan RS Pondok Indah - Bintaro Jaya. Ketiga rumah sakit ini didukung para dokter ahli dari berbagai disiplin ilmu serta mengadopsi teknologi medis terkini untuk memberikan pelayanan kesehatan yang prima dan terdepan.

Batuk Setiap Subuh, Apakah karena Asam Lambung atau Penyakit Lain?

Kompas.com - 07/02/2022, 19:30 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini
Halo Prof

Konsultasi kesehatan tanpa antre dokter

Temukan jawaban pertanyaanmu di Kompas.com

KOMPAS.com - Seorang pembaca Kompas.com bernama Herlina, 51 tahun dari Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat mengeluhkan batuk yang selalui dialaminya saat subuh. Keluhan ini disampaikan ke subrubrik Halo Prof! Kompas.com:

"Saya sakit maag dan setiap subuh kira-kira pukul 4.30 WITA, saya selalu batuk sampai sesak napas karena batuknya lama. Apakah ini dipengaruhi oleh maag atau hal lain? Terima kasih."

Pertanyaan ini dijawab oleh Dr. dr. Cita Herawati, Sp.THT-KL (K), Dokter Spesialis THT - Bedah Kepala & Leher Konsultan Onkologi dari RS Pondok Indah – Pondok Indah. Berikut paparannya:

Dr. dr. Cita Herawati, Sp.THT-KL (K)
Dokter Spesialis THT - Bedah Kepala & Leher Konsultan Onkologi
RS Pondok Indah ? Pondok IndahRS Pondok Indah Dr. dr. Cita Herawati, Sp.THT-KL (K) Dokter Spesialis THT - Bedah Kepala & Leher Konsultan Onkologi RS Pondok Indah ? Pondok Indah

Halo Ibu Herlina! Terima kasih atas pertanyaanya, ya.

Ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebabnya dari keluhan yang Ibu alami, yaitu asam lambung dan alergi.

Baca juga: Cara Mengobati GERD atau Naiknya Asam Lambung ke Kerongkongan

Asam lambung yang meningkat bisa naik ke tenggorok, dan dapat menyebabkan batuk sampai sesak napas. Kejadian ini disebut sebagai gastroesophageal reflux disease reflux disease (GERD) yang dapat berhubungan dengan sakit maag yang Ibu derita.

Terdapat berbagai faktor dari penyebab GERD, antara lain faktor keadaan lambung seperti volume dan sekresi asam lambung, sifat dan materi refluks, pengosongan lambung, distensi atau tekanan lambung, maupun refluks atau pembalikan dari duodenogastric (usus ke lambung).

Selain itu, bisa juga karena pengosongan lambung yang lambat sehingga tekanan dan volume dalam lambung meninggi, yang kemudian akan dirasakan lambung penuh.

Faktor makanan juga dapat berpengaruh. Makanan yang lama tercerna dan menghasilkan banyak gas (seperti sayuran berwarna putih dan makanan-makanan bersera tinggi) di lambung akan menyebabkan lambung menggembung.

Oleh karena banyaknya faktor yang memengaruhi keadaan asam lambung Ibu, maka sebaiknya Ibu berkonsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis penyakit dalam untuk evaluasi kondisi Ibu.

Baca juga: Laura Anna Keluhkan Asam Lambung Sebelum Meninggal, Bisakah GERD Sebabkan Kematian?

Selain asam lambung, batuk saat subuh juga bisa disebabkan oleh adanya faktor alergi. Pada saat dini hari terjadi perubahan suhu sekitar menjadi lebih dingin, sehingga pada sebagian orang, hal ini dapat menyebabkan batuk, yang disebut sebagai alergi. Pada saat subuh, biasanya tubuh akan lebih sensitif karena kadar kortisol di badan mulai menurun.

Apabila memang faktor alegi yang menyebabkan batuk pada saat subuh terjadi pada Ibu, maka Ibu dapat mengonsumsi obat-obatan alergi sebelum tidur agar mencegah batuk terjadi.

Untuk mengetahui penyebab alergi Ibu, sebaiknya Ibu berkonsultasi langsung dengan dokter agar dilakukan pemeriksaan darah dan tes alergi.

Selain berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam, Ibu juga sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis THT – Bedah Kepala & Leher untuk ditelusuri lebih lanjut penyebab batuk yang Ibu alami.

Semoga jawabannya membantu dan Ibu Herlina sehat selalu, ya. Terimakasih

Dr. dr. Cita Herawati, Sp.THT-KL (K)

Dokter Spesialis THT - Bedah Kepala & Leher Konsultan Onkologi

RS Pondok Indah – Pondok Indah

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com