Kompas.com - 16/01/2022, 12:33 WIB
Kunyit putih drhealthbenefitsKunyit putih

KOMPAS.comKunyit putih adalah tanaman rimpang yang menjadi salah satu obat tradisional di Indonesia. Kunyit putih juga dikenal dengan nama kunir putih atau zedoaria (Curcuma zedoaria). Salah satu manfaat kunyit putih yang terkenal adalah untuk mengobati sakit perut dan kurang nafsu makan.

Manfaat kunyit putih

Dilansir dari WebMD, berikut adalah manfaat kunyit putih untuk kesehatan:

  • Menurunkan kolesterol. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa meminum air seduhan kunyit putih mampu menurunkan kolesterol total dan meningkatkan kolesterol baik.
  • Mengatasi kecemasan
  • Mencegah kanker
  • Mengobati batuk
  • Menghilangkan pegal-pegal
  • Meningkatkan nafsu makan
  • Mengatasi masalah lambung dan saluran pencernaan
  • Mengurangi radang pada hati
  • Mengusir nyamuk jika dioleskan pada kulit

Sayangnya, manfaat tersebut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk pembuktian keefektifan kunyit putih terhadap penyakit tersebut. Sebagian besar mekanisme penyembuhan penyakit tersebut oleh kunyit putih belum diketahui.

Baca juga: 8 Khasiat Kunyit untuk Kesehatan, Bisa Redakan Depresi

Orang yang tidak boleh mengonsumsi kunyit putih

Terdapat beberapa orang yang sebaiknya menghindari untuk mengonsumsi kunyit putih untuk sementara waktu. Orang tersebut adalah ibu hamil, ibu menyusui, dan wanita yang sedang dalam periode menstruasi.

Ibu yang sedang hamil dikhawatirkan akan mengalami keguguran jika mengonsumsi kunyit putih. Hal ini dikarenakan masih terbatasnya penelitian mengenai efek samping kunyit putih pada ibu hamil dan menyusui.

Selain itu, kunyit putih juga disarankan untuk dihindari oleh wanita yang sedang mengalami menstruasi karena bisa memicu perdarahan yang abnormal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber WebMD,RxList
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.