Penemuan Hewan Sepanjang 2021, dari Katak Pucat hingga 14 Tikus Celurut

Kompas.com - 21/12/2021, 12:05 WIB
Ellyvon Pranita,
Bestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Kendati pandemi Covid-19 masih berlangsung dan membuat banyak kegiatan menjadi terbatas, para peneliti telah berhasil mengidentifikasikan beberapa fauna atau satwa di Indonesia.

Sepanjang 2021 ini, ada setidaknya tiga spesies baru yang berhasil diidentifikasi oleh peneliti Indonesia yakni Katak Kecil Bermulut Sempit (Pulau Belitung, Lampung), Katak Pohon Hijau Besar (Area Freeport Papua), dan Katak Pucat (Garut).

Selain itu, ada 14 spesies baru tikus celurut yang ditemukan oleh peneliti dari Lousiana State University. Berikut penjelasannya.

Baca juga: 10 Negara dengan Spesies Terancam Punah Paling Banyak

1. Katak Kecil Bermulut Sempit

Pada bulan September 2021, peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dari Pusat Penelitian Biologi berhasil mengidentifikasi spesies katak terbaru yakni katak kecil bermulut sempit.

Spesies katak terbaru ini ditemukan pada 2018 dan 2019 di perkebunan kelapa sawit Pulau Belitung dan Lampung di Sumatera bagian tenggara oleh tim herpetologi.

Spesies baru ini kemudian diberi nama ilmiah Microhyla sriwijaya. Peneliti Herpetologi Pusat Penelitian Biologi, Amir Hamidy mengatakan, nama sriwijaya dipilih untuk diabadikan sebagai nama jenis.

"Ini (Kerajaan Sriwijaya) berbasis di Sumatera dan memengaruhi Asia Tenggara antara abad ke-7 dan ke-11," kata Amir dalam keterangan tertulis Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang kini tergabung dalam Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Ciri khas Microhyla sriwijaya

Dalam penuturannya, Amir mengatakan bahwa spesies katak baru ini masih merupakan anggota dari M. achatina dan saudara dari M.orientalis.

"Namun, berdasarkan analisis morfologis, molekuler, dan akustik terdapat perbedaan dan kami mengidentifikasikan katak ini sebagai spesies baru," jelasnya.

Sehigga, spesies baru M. sriwijaya ini tentunya memiliki keunikan sendiri dibandingkan yang lainnya, di antaranya:

Pertama, katak jantan dewasa ukurannya kecil dengan panjang moncong hanya berkisar 12,3 hingga 15,8 mm.

Kedua, kombinasi karakter katak jantan lebih kecil dengan ukuran panjang tubuh kurang dari 16 mm.

"Moncongnya tumpul dan bulat, memiliki tanda punggung berwarna coklat kemerahan atau oranye dengan tuberkel kulit yang menonjol," kata dia.