Kompas.com - 08/12/2021, 13:33 WIB
Duri tumbuhan sebagai salah satu cara mempertahankan diri Daniel R. Blume - flickrDuri tumbuhan sebagai salah satu cara mempertahankan diri

KOMPAS.com - Tumbuhan sebagai makhluk hidup juga memiliki mekanisme pertahanan diri, seperti manusia dan hewan. Namun, karena pergerakan tumbuhan sangat terbatas, tumbuhan memiliki pertahanan diri yang sedikit berbeda.

Cara tumbuhan mempertahankan diri

Secara umum, cara tumbuhan mempertahankan diri terbagi menjadi dua macam. Pertama, pertahanan yang selalu ada pada tumbuhan, tidak peduli apakah tumbuhan sedang diserang atau tidak. Kedua, pertahanan yang muncul ketika tumbuhan diserang atau diganggu oleh makhluk hidup lain.

Berikut adalah jenis-jenis pertahanan diri tumbuhan.

1. Duri

Duri adalah bagian batang yang memiliki ujung runcing yang bisa melukai siapa saja yang menyentuhnya. Contohnya duri di batang mawar, kaktus, dan buah durian.

2. Bulu halus

Beberapa jenis tumbuhan melindungi dirinya dengan menggunakan bulu halus yang tumbuh pada tubuhnya. Bulu halus ini akan menimbulkan rasa gatal pada hewan atau manusia yang memegang.

Bahkan, terdapat jenis bulu halus bernama trikoma yang tidak hanya menyebabkan gatal, namun juga mengeluarkan racun. Racun tersebut bisa menimbulkan kecacatan, bahkan kematian.

Contoh tumbuhan berbulu halus adalah bambu dan rambutan. Sedangkan contoh bulu halus beracun adalah tumbuhan jelatang.

Baca juga: Tumbuhan Terkecil di Dunia, Lebih Kecil dari Sebutir Beras

3. Menguncupkan daun

Menguncupkan daun adalah tipe pertahanan diri tumbuhan yang baru muncul ketika ada rangsang. Kita mungkin menganggap ketika tanaman menguncupkan daunnya sebagai sesuatu yang menarik karena bisa disaksikan secara langsung. Contoh tanaman yang menguncupkan daun adalah tumbuhan putri malu.

4. Getah

Getah adalah zat organik lengket dan pahit yang muncul sebagai bentuk pertahanan tumbuhan yang diserang oleh serangga, atau ancaman lainnya. Tumbuhan mengeluarkan getah bisa sebagai reaksi terhadap sekitar, bisa juga sebagai cara untuk menarik predator. Contoh tumbuhan yang mengeluarkan getah adalah pohon sawo dan nangka.

5. Racun

Beberapa jenis tumbuhan sangat beracun. Racun akan dikeluarkan oleh tumbuhan sebagai pertahanan diri dan bisa membuat musuhnya menjauh bahkan mati karena racunnya. Contoh tumbuhan yang mengeluarkan racun adalah biji jarak dan pohon kecubung.

6. Cangkang keras

Cangkang keras adalah bentuk pertahanan diri agar tumbuhan tersebut bisa menumbuhkan biji dengan aman. Contoh tumbuhan yang memiliki cangkang keras adalah pohon kelapa.

Baca juga: Macam-macam Jaringan pada Tumbuhan

7. Bau menyengat

Bau menyengat juga merupakan salah satu cara agar predator tidak mengganggu atau memakan tumbuhan tersebut. Contoh tumbuhan yang mengeluarkan bau menyengat adalah bunga bangkai.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Britannica
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.