Kompas.com - 07/12/2021, 19:30 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comEris adalah planet kerdil atau planet katai. Eris adalah salah satu planet kerdil terbesar di tata surya kita. Ukurannya hampir sama dengan Pluto, namun memiliki jarak tiga kali lebih jauh dari Matahari.

Kapan Eris ditemukan?

Eris ditemukan pertama kali pada 5 Januari 2005 dari data yang diambil pada 21 Oktober 2003 saat survei Palomar Observatory. Survei kala itu mengamati benda-benda langit di luar tata surya kita.

Ahli astronomi yang terlibat dalam survei tersebut ada tiga orang, yaitu Mike Brown dari California Institute of Technology, Chad Trujillo dari Gemini Observatory, dan David Rabinowitz dari Yale University.

Awalnya, mereka menemukan benda langit yang berukuran sebesar Pluto di luar orbit Neptunus. Namun, karena ukurannya yang sangat kecil, mereka menyimpulkan bahwa benda langit tersebut adalah bulan dan diberi nama Xena.

Setahun setelah ditemukan, International Astronomical Union (IAU) memutuskan untuk mengubah definisi planet. Perubahan ini berlaku terhadap Pluto sehingga mengurangi jumlah planet yang ada di tata surya kita menjadi delapan.

Tidak berhenti sampai disitu, IAU memutuskan mengganti nama Xena menjadi Eris. Eris dan Ceres (yang sebelumnya dianggap sebagai asteroid) diklasifikasikan ulang menjadi planet kerdil.