Kompas.com - 05/11/2021, 18:45 WIB

KOMPAS.com - Banjir bandang melanda Kota Batu, Jawa Timur pada Kamis (4/11/2021). Banjir yang melanda Kota Batu, Jawa Timur itu tersebar di enam titik, yakni Dusun Sambong, Desa Bulukerto; Dusun Beru, Desa Bulukerto; Desa Sumberbrantas; Jalan Raya Selecta, Desa Tulungrejo; Jalan Raya Dieng, Desa Sidomulyo dan Dusun Gemulo, Desa Punten Kecamatan Bumiaji.

Hingga saat ini upaya pencarian dan pertolongan korban banjir bandang Kota Batu terus dilakukan oleh tim gabungan dari BPBD Kota Batu, PMI, Basarnas, TNI, Polri, dan lintas intansi terkait.

Seperti telah diberitakan Kompas.com sebelumnya, banjir bandang di Kota Batu disebut disebabkan oleh intensitas hujan tinggi. Selain itu, daerah resapan air yang mulai rusak memperparah kejadian tersebut. Akibatnya, banjir membawa material lumpur dan kayu akibat erosi yang terjadi.

Baca juga: 5 Penyebab Banjir Bandang yang Perlu Diwaspadai

Berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hasil pengukuran curah hujan di wilayah Batu, Kamis kemarin terukur curah hujan 80,2 mm, yang mana termasuk kateori hujan lebat.

Prakirawan Cuaca BMKG Tomi Ilham mengatakan, berdasarkan hasil pengamatan penakar hujan otomatis BMKG di wilayah Batu pada saat itu, hujan mulai terjadi pukul 13.55 WIB sampai 16.05 WIB.

“Untuk hari ini hingga sepekan ke depan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat diprakirakan masih berpotensi terjadi di wilayah Batu dan sekitarnya,” kata Tomi saat dihubungi Kompas.com, Jumat (5/11/2021).

Lebih lanjut, ia juga menyebutkan, selain wilayah Batu, ada beberapa wilayah lain di Indonesia yang memiliki potensi dampak hujan lebat.

Baca juga: Memahami Fenomena Alam, Mencegah Banjir Bandang Berulang

Potensi Dampak Hujan Lebat untuk Dampak Banjir/Bandang dapat terjadi di wilayah sebagai berikut :

1. Sumatera Selatan (Siaga)

2. Kep. Bangka Belitung (Siaga)

3. Lampung (Siaga)

4. Banten (Siaga)

5. DKI Jakarta (Siaga)

6. Jawa Barat (Siaga)

7. Jawa Tengah (Siaga)

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.