Kompas.com - 20/09/2021, 16:30 WIB
Ilustrasu tumpahan minyak di pantai yang bisa merusak ekosistem ShutterstockIlustrasu tumpahan minyak di pantai yang bisa merusak ekosistem

KOMPAS.comTumpahan minyak adalah salah satu kejadian pencemaran laut. Tumpahan minyak disebut juga dengan oil spill.

Minyak ini bisa berasal dari hasil operasi kapan tanker, perbaikan kapal, terminal bongkar muat tengah laut, dan tabrakan kapal tanker. Kasus yang paling banyak terjadi adalah akibat kecelakaan atau tabrakan kapal tanker.

Dampak tumpahan minyak

Tumpahan minyak mentah dari kapal tanker di laut dapat menyebabkan gangguan bagi ekosistem. Dilansir dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, berikut dampak tumpahan minyak terhadap lingkungan.

1. Kematian organisme

Risiko kematian massal terjadi jika tumpahan minyak terjadi di perairan pantai atau perairan dalam. Risiko ini bisa mengenai ikan, kerang-kerangan, hingga hewan yang berada di keramba.

2. Perubahan reproduksi dan tingkah laku organisme

Uji laboratorium menunjukkan terdapat perubahan pola reproduksi dan tingkah laku organisme yang dipengaruhi konsentrasi minyak di dalam air. Semakin banyak konsentrasi minyak di air menyebabkan udang dan kepiting mengalami gangguan kemampuan mencari makan dan kawin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Ini Fungsi Hutan Mangrove bagi Kehidupan di Pesisir

3. Bau lantung

Bau lantung ini banyak ditemukan pada jenis ikan keramba yang tidak memiliki kemampuan bergerak menjauhi tumpahan minyak. Ini akan berdampak pada bau dan rasa daging yang tidak enak.

4. Mengganggu kegiatan budidaya perikanan

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.