Kompas.com - 20/09/2021, 09:03 WIB
Lumba-lumba yang mati dibiarkan berjejer di tepi pantai (Image credit:Sea Shepherd)Lumba-lumba yang mati dibiarkan berjejer di tepi pantai

KOMPAS.com - Pemburu di Kepulauan Faroe membantai lebih dari 1400 lumba-lumba bersisi putih, Minggu (12/9/2021). Tubuh hewan yang berdarah dan terkoyak dibiarkan berjejer di sepanjang pantai usai perburuan massal itu.

Aksi ini pun memicu protes dari para konservasionis dan juga penduduk Faroe. The Sea Sheperd Conservationn Society pun menggambarkan peristiwa ini sebagai pembantaian.

Mengutip Live Science, Minggu (19/9/2021) perburuan lumba-lumba adalah tradisi kuno di Kepulauan Faroe-wilayah otonomi Denmark yang terletak di antara Norwegia, Skotlandia, dan Islandia.

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Setiap Lumba-lumba Punya Nama, Mirip Manusia

Tradisi yang sudah ada sejak zaman Viking ini dikenal sebagai Grindadráp atau 'the grind'. Kebiasaan kontroversial ini dilakukan dengan cara menggiring paus pilot atau spesies lumba-lumba besar lainnya ke teluk, sebelum membunuh mereka dengan tombak khusus.

Perburuan ini adalah satu-satunya praktik perburuan yang masih dilakukan di Eropa Barat.

Biasanya, daging lumba-lumba kemudian akan dibagikan untuk membantu memberi makan masyarakat setempat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tetapi beberapa pihak khawatir, bahwa tangkapan tahun ini terlalu banyak untuk sekitar 53.000 penduduk kepulauan itu.

"Perburuan ini terjadi pada 2021 di komunitas pulau Eropa yang sangat kaya dan hanya 370 kilometer jaraknya dari Inggris, sangat keterlaluan," kata Rob Read, Chief Operating Officer Sea Sheperd Inggris dalam sebuah pernyataan.

Menurut penduduk setempat, pemburu sangat meremehkan jumlah lumba-lumba. Dan ini menurut Olavur Sjurdarber, Ketua Asosiasi Pemburu Ikan Paus Faroese adalah sebuah kesalahan besar.

Bjarni Mikkelsen, seorang ahli biologi kelautan Faroese, mengatakan itu adalah pembunuhan terbesar dalam sejarah yang tercatat dalam 'the grind'.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.