KOMPAS.comManfaat air bagi tumbuhan sangat penting. Air merupakan bagian terpenting dari sel tumbuhan. Secara umum, sebesar 60 sampai 85 persen jaringan tumbuhan mengandung air. Bahkan beberapa jenis tumbuhan tersusun dari air hingga 95 persen, seperti tomat.

Manfaat air bagi tumbuhan

Di bawah ini merupakan manfaat air bagi tumbuhan.

1. Sebagai senyawa utama penyusun protoplasma

Protoplasma adalah cairan utama penyusun sel, baik di dalam sitoplasma maupun vakuola sel.

2. Sebagai pelarut

Air berfungsi sebagai pelarut unsur hara atau mineral yang dibutuhkan tumbuhan. Mineral tersebut merupakan ion bermuatan positif dan negatif.

Ion positif antara lain K+, Ca++, dan NH4+. Sedangkan contoh ion negatif adalah NO3- dan SO3--. Ion tersebut terlarut dalam air yang ada di dalam tanah. Ion tersebut berasal dari dekomposisi bahan organik atau pupuk yang diberikan manusia.

3. Sebagai bahan reaksi metabolisme

Berbagai reaksi kimia yang terjadi di dalam tumbuhan membutuhkan air. Contohnya adalah proses hidrolisis pati, yaitu proses pemecahan pati menjadi glukosa. Proses hidrolisis pati membutuhkan air.

Baca juga: 6 Manfaat Air Bagi Manusia

4. Mempertahankan turgiditas sel

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.