Kompas.com - 19/09/2021, 20:30 WIB
Jejak kaki bayi gajah prasejarah ditemukan di wilayah Spanyol (Neto de Carvalho et al., Scientific Reports, 2021)Jejak kaki bayi gajah prasejarah ditemukan di wilayah Spanyol

KOMPAS.com - Peneliti berhasil menemukan jejak bayi gajah prasejarah di sebuah pantai yang sekarang menjadi wilayah barat daya Spanyol. Jejak bayi gajah itu terpelihara dengan baik.

Peneliti mengidentifikasi 34 set jejak kaki milik gajah bergading lurus (Palaeoloxodon antiquus).

Hewan darat besar ini sudah lama punah, tetapi mereka pernah hidup di Eropa barat selama Pleistosen Akhir, lebih dari 30.000 tahun yang lalu.

Saat dewasa, gajah bergading lurus ini memiliki tinggi 15 meter. Mereka bahkan mungkin diperkirakan sebesar badak prasejarah besar yang pernah melakukan perjalanan melintasi Eurasia jutaan tahun yang lalu.

Baca juga: Manusia Purba Berkali-kali Migrasi ke Jazirah Arab karena Perubahan Iklim

Jejak kuno gajah prasejarah memang bukan yang pertama ditemukan di Eropa. Namun sangat jarang mengungkap keberadaan jejak bayi gajah seperti temuan baru ini. Sehingga, temuan kali ini pun menjadi menarik.

Mengutip Science Alert, Minggu (19/9/2021) menggunakan panjang setiap jalur gajah untuk memperkirakan tinggi dan beratnya, tim menemukan jika ada gajah yang bahkan masih berusia dua bulan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bayi gajah tak berjalan sendirian. Secara keseluruhan, kawanan terdiri dari tiga induk gajah yang berusia lebih dari 15 tahun dan 14 anak gajah serta bayi baru lahir.

Lokasi tempat jejak gajah ditemukan ribuan tahun yang lalu diperkirakan juga merupakan sebuah kolam yang dikelilingi vegetasi. Tempat ini menjadi sumber makanan dan air tawar yang penting.

Di samping jejak gajah, peneliti juga menemukan lusinan jejak kaki manusia purba baik tua maupun muda, sendirian dan berkelompok.

Setelah dilakukan analisis, fosil jejak kaki manusia purba dan gajah ini tumpang tindih dalam skala waktu yang singkat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.