Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WHO: Vaksin Covid-19 untuk Dunia Tahun Ini Lebih Sedikit

Kompas.com - 14/09/2021, 11:03 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber CNN

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan, pasokan vaksin Covid-19 untuk dunia pada tahun ini, 25 persen lebih sedikit.

Program berbagi vaksin WHO, COVAX, seperti diberitakan CNN, Senin (13/9/2021), memperkirakan tambahan pasokan vaksin Covid-19 sebanyak 1,1 miliar dosis akan tersedia secara global hingga akhir tahun.

Jumlah tersebut, menurut WHO, lebih sedikit dari yang diperkirakan sebelumnya.

Perkiraan jumlah pasokan vaksin virus corona untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi global ini, dirilis pada Rabu (8/9/2021) pekan lalu, yakni hanya 25 persen, lebih sedikit dibandingkan dengan perkiraan Juli lalu.

Proyeksi baru ini mendorong seruan dari WHO agar negara-negara kaya untuk menunda pemberian vaksin booster.

Baca juga: Sertifikat Vaksin Covid-19 Jadi Syarat Beraktivitas, Ini Kata WHO dan Epidemiolog

 

 

Pasokan vaksin Covid-19 untuk dunia yang disebut lebih sedikit, WHO telah meminta agar negara-negara menunda pemberian vaksin dosis ketiga, setidaknya sampai banyak orang di seluruh dunia bisa mendapatkan dosis vaksin pertama.

Sedikitnya, saat ini ada 330 juta dosis vaksin Covid-19 yang telah dirilis untuk dikirim ke negara-negara di dunia yang kurang terlayani melalui program COVAX, dan 230 juta dosis vaksin telah dikirim ke negara-negara anggota.

"Kami berharap ada 1,1 miliar dosis vaksin lagi yang tersedia untuk pengiriman antara sekarang dan akhir tahun ini," kata Dr. Seth Berkley, CEO GAVI, salah satu kelompok dalam program COVAX, dalam konferensi pers.

Dosis vaksin Covid-19 yang tersedia ini akan ditargetkan ke 92 negara berpenghasilan rendah.

Prediksi pasokan vaksin ini akan menempatkan total ketersediaan vaksin Covid-19 seluruhnya pada tahun 2021 mencapai 1,4 miliar dosis, dengan 1,2 miliar dosis vaksin diperuntukkan bagi negara-negara berpenghasilan rendah.

Sebelum WHO menyebut vaksin Covid-19 untuk dunia di tahun ini lebih sedikit, pada Juli lalu, COVAX memperkirakan total 1,8 miliar dosis vaksin Covid-19 untuk mencukupi kebutuhan vaksin bagi dunia pada tahun 2021.

Baca juga: Disarankan WHO, Orang dengan HIV/AIDS Aman Suntik Vaksin Covid-19

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com