Terampil, 400.000 Tahun Lalu Neanderthal Ubah Tulang Gajah Jadi Alat

Kompas.com - 14/09/2021, 08:02 WIB

KOMPAS.com - Ahli kembali menemukan bukti pemakaian alat-alat yang dibuat oleh manusia purba Neanderthal.

Alat-alat yang ditemukan di sebuah situs berusia sekitar 400.000 tahun bernama Castel di Guido, dekat dengan Roma modern itu berasal dari tulang gajah.

Di masa lalu, tempat tersebut merupakan lubang berair populer untuk gajah bergading lurus (Palaeoloxodon antiquus), salah satu spesies gajah yang sudah punah.

Koleksi alat-alat dari tulang sebanyak 98 buah yang baru diidentifikasi itu menjadi bukti bahwa Neanderthal yang tinggal di Castel, Guido rupanya bisa memanfaatkan tulang-tulang yang tersisa.

Baca juga: Manusia Purba Jenis Baru Ditemukan di Israel, Diduga Nenek Moyang Neanderthal

Bahkan, menariknya mereka menggunakan metode pembuatan alat yang belum pernah dilihat sejauh ini.

"Kami melihat situs lain dengan peralatan tulang saat ini. Tapi tak ada variasi bentuk yang terdefinisi dengan baik seperti temuan di Castel di Guido," kata Paola Villa, dari University of Colorado Boulder.

"Kemampuan semacam ini tak umum sampai beberapa waktu kemudian," imbuh Villa seperti dikutip dari Science Alert, Senin (13/9/2021).

Berdasarkan bukti yang dikumpulkan dari situs lain, manusia purba biasanya hanya menggunakan fragmen tulang apa pun yang tersedia tanpa memperbaiki atau mengadaptasinya menjadi bentuk lain. Namun yang ditemukan di Castel di Guido itu berbeda.

Ia menyebut, manusia purba mematahkan tulang panjang gajah dengan cara yang terstandarisasi untuk membuat peralatan tulang.

Teknik yang mereka gunakan dikenal sebagai pengelupasan ketukan atau memotong potongan tulang dengan alat terpisah untuk membuat alat tertentu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.