Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Matikan Kamera Selama Rapat Virtual Terbukti Kurangi Zoom Fatigue

Kompas.com - 13/09/2021, 18:30 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber New Atlas

KOMPAS.com - Penelitian baru menemukan beberapa bukti empiris pertama, tentang efek penggunaan kamera dalam rapat virtual.

Penelitian ini merupakan bagian dari studi tentang efek psikologis dari pekerjaan jarak jauh dan fenomena yang dikenal sebagai zoom fatigue.

Mengutip New Atlas, Senin (13/9/2021) sebelum pandemi, konferensi video hanya menjadi bagian kecil dari kehidupan sehari-hari. Kebanyakan masih mengandalkan pertemuan langsung, meski berbagai aplikasi mendukung sudah ada.

Baca juga: Alasan Kelelahan di Balik Zoom Fatigue, Begini Penjelasan Peneliti

Namun begitu pandemi melanda, ratusan juta orang tiba-tiba mengahabiskan sebagian besar hari-hari mereka untuk berkomunikasi secara virtual.

Jeremy Bailenson, pendiri Virtual Human Interaction Lab at Stanford University secara ringkas menemukan empat faktor utama, yang dia yakini dapat menjelaskan, mengapa rapat virtual bisa sangat melelahkan.

Beberapa faktor tersebut terkait dengan efek negatif dari berada di depan kamera sepanjang waktu.

Dan penelitian baru ini kembali menawarkan beberapa bukti eksperimental pertama yang menegaskan peran kamera dalam memperkuat rasa lelah, setelah melakukan konferensi video dalam waktu yang lama.

"Ada asumsi jika menyalakan kamera membuat Anda terlibat, tetapi banyak pula tekanan presentasi diri saat berada di depan kamera," jelas Alison Gabriel, peneliti dari University of Arizona yang terlibat dalam studi baru ini.

Untuk mengeksplorasi efek kamera pada kelelahan rapat virtual, para peneliti merekrut 103 partisipan untuk studi empat minggu.

Setengah dari partisipan diminta untuk mematikan kamera di semua pertemuan selama dua minggu pertama dan kemudian tetap menyalakan kamera selama pertemuan selama dua minggu berikutnya.

Sementara setengah lainnya diminta melakukan kebalikannya. Menyalakan kamera pada awalnya dan mematikannya pada dua minggu berikutnya.

Setiap hari semua partisipan diminta mengisi survei singkat yang mengukur kelelahan, tingkat keterlibatan dan durasi pertemuan.

Baca juga: Zoom Fatigue, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com