Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER SAINS] Vaksin Pfizer Dipakai di Indonesia | Bencana Kelaparan Akibat Perubahan Iklim Melanda Madagaskar

Kompas.com - 27/08/2021, 07:03 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Dua vaksin Covid-19 berbasis messenger RNA (mRNA), vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna, akhirnya mulai digunakan di Indonesia. Apa perbedaan kedua vaksin mRNA tersebut menjadi salah satu berita populer Sains Kompas.com edisi Kamis, (26/8/2021).

Tak hanya untuk orang dewasa, vaksin Pfizer juga telah mendapat izin Kemenkes untuk digunakan kepada anak remaja mulai dari usia 12 tahun. Bagaimana efektivitasnya?

BMKG mengeluarkan peringatan dini kekeringan meteorologis. Sejumlah wilayah di Indonesia pun diprediksi akan mengalami hari tanpa hujan.

Berita populer lainnya, untuk pertama kalinya dalam sejarah terjadi bencana kelaparan akibat perubahan iklim. Hal ini terjadi di Madagaskar.

Baca juga: [POPULER SAINS] Detik-detik Virus Corona Menyerang Sel | Efek jika Anak Sering Dimarahi

Berikut rangkumannya:

1. Perbedaan vaksin Pfizer dan Moderna

Dua vaksin Covid-19 berbasis messenger RNA (mRNA), vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna, akhirnya mulai digunakan di Indonesia. Namun, apa perbedaan kedua vaksin mRNA tersebut?

Dari beberapa jenis vaksin Covid-19 yang dikembangkan di dunia, hanya dua vaksin yang dibuat dengan teknologi baru berbasis mRNA.

Baik vaksin Pfizer-BioNTech maupun Moderna, adalah dua jenis vaksin virus corona yang berasal dari Amerika Serikat, yang tahap awalnya diberikan kepada para tenaga kesehatan dan penghuni fasilitas perawatan jangka panjang.

Kedua vaksin Covid-19 tersebut adalah vaksin pertama yang digunakan di negara tersebut, serta sejumlah negara di Eropa dan Timur Tengah.

Dilansir dari Health, Kamis (26/8/2021), vaksin Pfizer dan Moderna dibuat menggunakan teknologi baru yang disebut mRNA yang mengkodekan sebagian protein spike yang ditemukan di permukaan virus corona SARS-CoV-2.

Perbedaan vaksin mRNA yang dikembangkan Pfizer dan Moderna, dengan vaksin konvensional, seperti vaksin flu, yakni sebagian besar vaksin konvensional digunakan untuk melawan penyakit virus yang dibuat dari virus yang tumbuh di telur ayam atau sel mamalia lainnya, kata Pfizer.

Lantas, apa perbedaan vaksin Pfizer dan Moderna yang saat ini mulai digunakan di Indonesia?

Selengkapnya baca di sini:

Apa Perbedaan Vaksin Pfizer dan Moderna yang Digunakan di Indonesia? Ini Penjelasannya

2. Efikasi vaksin pfizer untuk remaja

Belum lama ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberi izin penggunaan vaksin Pfizer untuk anak remaja 12-17 tahun di Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com