[POPULER SAINS] Vaksin Pfizer Dipakai di Indonesia | Bencana Kelaparan Akibat Perubahan Iklim Melanda Madagaskar

Kompas.com - 27/08/2021, 07:03 WIB
Perbedaan vaksin Pfizer dan Moderna yang tiba di Indonesia, peringatan dini hari tanpa hujan, hingga bencana kelaparan menjadi berita populer Sains. Kompas.comPerbedaan vaksin Pfizer dan Moderna yang tiba di Indonesia, peringatan dini hari tanpa hujan, hingga bencana kelaparan menjadi berita populer Sains.

KOMPAS.com - Dua vaksin Covid-19 berbasis messenger RNA (mRNA), vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna, akhirnya mulai digunakan di Indonesia. Apa perbedaan kedua vaksin mRNA tersebut menjadi salah satu berita populer Sains Kompas.com edisi Kamis, (26/8/2021).

Tak hanya untuk orang dewasa, vaksin Pfizer juga telah mendapat izin Kemenkes untuk digunakan kepada anak remaja mulai dari usia 12 tahun. Bagaimana efektivitasnya?

BMKG mengeluarkan peringatan dini kekeringan meteorologis. Sejumlah wilayah di Indonesia pun diprediksi akan mengalami hari tanpa hujan.

Berita populer lainnya, untuk pertama kalinya dalam sejarah terjadi bencana kelaparan akibat perubahan iklim. Hal ini terjadi di Madagaskar.

Baca juga: [POPULER SAINS] Detik-detik Virus Corona Menyerang Sel | Efek jika Anak Sering Dimarahi

Berikut rangkumannya:

1. Perbedaan vaksin Pfizer dan Moderna

Dua vaksin Covid-19 berbasis messenger RNA (mRNA), vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna, akhirnya mulai digunakan di Indonesia. Namun, apa perbedaan kedua vaksin mRNA tersebut?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari beberapa jenis vaksin Covid-19 yang dikembangkan di dunia, hanya dua vaksin yang dibuat dengan teknologi baru berbasis mRNA.

Baik vaksin Pfizer-BioNTech maupun Moderna, adalah dua jenis vaksin virus corona yang berasal dari Amerika Serikat, yang tahap awalnya diberikan kepada para tenaga kesehatan dan penghuni fasilitas perawatan jangka panjang.

Kedua vaksin Covid-19 tersebut adalah vaksin pertama yang digunakan di negara tersebut, serta sejumlah negara di Eropa dan Timur Tengah.

Dilansir dari Health, Kamis (26/8/2021), vaksin Pfizer dan Moderna dibuat menggunakan teknologi baru yang disebut mRNA yang mengkodekan sebagian protein spike yang ditemukan di permukaan virus corona SARS-CoV-2.

Perbedaan vaksin mRNA yang dikembangkan Pfizer dan Moderna, dengan vaksin konvensional, seperti vaksin flu, yakni sebagian besar vaksin konvensional digunakan untuk melawan penyakit virus yang dibuat dari virus yang tumbuh di telur ayam atau sel mamalia lainnya, kata Pfizer.

Lantas, apa perbedaan vaksin Pfizer dan Moderna yang saat ini mulai digunakan di Indonesia?

Selengkapnya baca di sini:

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.