Kompas.com - 11/08/2021, 18:03 WIB

KOMPAS.com - Tim peneliti dari Departmen Etologi Universitas Eötvös Loránd di Budapest telah mengamati seekor kucing rumahan dengan nama latin Felis catus yang bisa mengenali dan meniru perilaku manusia.

Dilansir dari Phys, (2/10/2020), penelitian tersebut telah diterbitkan pada tahun 2020 dalam Jurnal Animal Cognition.

Diketahui bahwa sangat sedikit spesies yang diamati meniru perilaku manusia seperti misalnya orca, kera, gajah, lumba-lumba, dan burung gagak.

Saat ini, data tersebut berkembang dengan ditambahkannya kucing rumahan yang juga bisa meniru.

Namun temuan tersebut mengejutkan. Pasalnya, kucing tidak dianggap memiliki kemampuan kognitif yang diperlukan untuk secara sengaja meniru tindakan makhluk lain.

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Kucing Suka Duduk di Atas Kotak, Bahkan yang Palsu

Dalam penelitiannya, Claudia Fugaza, peneliti utama sekaligus Ahli Perilaku Hewan bertemu dengan rekannya, Fumi Higaki dan menceritakan bahwa ia telah mengajari kucing peliharaannya untuk meniru beberapa perilaku yang diperintahkan.

Keduanya sama-sama telah mempelajari teknik pelatihan hewan yang disebut "Do as I do" atau "Lakukan seperti yang saya lakukan".

Pelatihan tersebut bertujuan agar hewan melakukan suatu tindakan, seperti berguling, ketika pelatih mengucapkan kata "lakukan seperti yang saya lakukan".

Sebelumnya, Fugazza dan Higaki mempelajari teknik tersebut pada anjing, sehingga merupakan sebuah kejutan ketika Higaki menceritakan bahwa ia menggunakan teknik yang sama untuk melatih kucingnya.

Demonstrasi tersebut dilakukan di toko hewan peliharaan Higaki dan agar tidak menakuti kucingnya, Fugazza duduk dengan jarak lumayan jauh dari Higaki dan kucingnya, Ebisu.

Pada demosntrasi tersebut, Fugazza mengamati saat kucing menanggapi 18 permintaan untuk melakukan perintah dan meniru Higaki yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Perintah dan kegiatan yang dilakukan kucing tersebut termasuk membuka laci, berputar, mengjangkau dan menyentuh mainan hingga berbaring dalam posisi tertentu.

Berdasarkan penelitian tersebut, ditemukan bahwa kucing akan merespons perintah seperti yang diingkan sekitar 81 persen dari keseluruhan waktu demonstrasi.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber PHYSORG
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.