Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Makanan Kucing dan Apa yang Tidak Boleh Diberikan

Kompas.com - 10/05/2021, 20:05 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Kucing memerlukan asupan nutrisi yang baik agar bisa tumbuh sehat. Pada dasarnya, makanan kucing hampir sama dengan makanan yang kita makan. Yang paling penting, kucing harus selalu makan makanan yang matang.

Dilansir dari American Animal Hospital Association, makanan mentah bisa mengandung Salmonella yang bisa berbahaya bagi pencernaan kucing dan manusia. Maka dari itu, semua makanan yang disajikan untuk kucing harus dalam keadaan matang.

Anda juga bisa mengombinasikan makanan basah dan makanan kering untuk diberikan kepada kucing Anda sesuai dengan kesukaan kucing Anda. Perhatikan porsinya agar kucing Anda tetap mendapatkan asupan nutrisi yang cukup.

Untuk porsinya, jika Anda ragu berapa banyak porsi yang harus diberikan untuk kucing Anda, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter hewan. Porsi yang diberikan bisa bervariasi berdasarkan usia dan berat badan kucing.

Baca juga: 7 Penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Penjelasannya

Dilansir dari Pets WebMD (5/3/2020), berikut adalah makanan yang bisa dimakan oleh kucing

Daging

Kucing senang memakan daging yang polos. Mereka membutuhkan protein supaya memiliki jantung yang sehat, penglihatan yang baik, dan sistem reproduksi yang sehat. Anda bisa menyajikan daging rendah lemah dan ayam yang sudah dimasak. Daging mentah bisa membuat kucing sakit.

Selain itu, Anda juga perlu menghindari memberikan daging olahan kepada kucing. Daging olahan mengandung garam yang tinggi dan tidak sehat bagi kucing. Contoh daging olahan adalah sosis.

Ikan

Ikan mengandung banyak asam lemak omega-3 yang baik untuk penglihatan kucing. Selain itu, omega-3 juga bermanfaat untuk mencegah artritis, penyakit ginjal, dan penyakit jantung. Anda bisa menggunakan ikan yang sudah dimasak atau ikan kalengan.

Telur

Telur bisa menjadi alternatif sumber protein bagi kucing. Sajikan telur yang sudah dimasak untuk kucing Anda.

Keju

Keju memang bukan makanan yang umum bagi kucing. Namun jika kucing Anda suka, Anda boleh memberikan keju pada kucing Anda. Keju mengandung protein dan kalsium yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kucing.

Karbohidrat

Karbohidrat seperti nasi, jagung, dan gandum boleh dimakan oleh kucing dalam porsi yang kecil. Namun, karbohidrat tidak terlalu diperlukan oleh kucing.

Buah dan sayur

Kucing sering meminta makanan yang sedang Anda konsumsi, termasuk buah dan sayur. Buah seperti pisang, stroberi, dan melon boleh diberikan kepada kucing jika mereka menyukainya. Sayur juga bisa menambah nutrisi baik untuk kucing, seperti wortel dan labu.

Baca juga: 10 Jenis Kucing yang Cocok Anda Pelihara Berdasarkan Kepribadian

Hindari makanan berikut

Ada beberapa makanan yang tidak boleh dimakan oleh kucing. Beberapa makanan berikut bisa menjadi toksik bagi kucing. Makanan itu adalah cokelat, anggur dan kismis, bawang bombay, bawang putih, kacang, jamur, tomat, dan susu.

Susu terdengar aneh sebagai makanan yang perlu dihindari untuk diberikan kepada kucing. Sebagian besar kucing mengalami intoleran laktosa. Anda memerlukan susu khusus kucing untuk diberikan sebagai asupan tambahan.

Anda sudah tahu apa makanan kucing. Memberikan makanan yang tepat untuk kucing bisa menjaga kucing Anda tetap sehat dan lincah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com