Kompas.com - 30/07/2021, 10:02 WIB
Ilustrasi jenis vaksin Covid-19 yang dikembangkan Pfizer dan Moderna berbasis teknologi genetik yang disebut mRNA (messenger RNA). SHUTTERSTOCK/Nixx PhotographyIlustrasi jenis vaksin Covid-19 yang dikembangkan Pfizer dan Moderna berbasis teknologi genetik yang disebut mRNA (messenger RNA).


KOMPAS.com - Vaksin Pfizer dan Moderna adalah dua vaksin Covid-19 yang dikembangkan dengan teknologi messenger RNA (mRNA). Banyak orang di Norwegia yang ditawari menggunakan vaksin Moderna untuk dosis kedua.

Sementara sebagian besar orang di negara tersebut telah menerima dosis vaksin Covid-19 pertama dari Pfizer.

Dilansir dari Medical Xpress, Jumat (30/7/2021), menggabungkan dua vaksin Covid-19 akan memberikan perlindungan serupa.

"Kita tahu, kedua vaksin mRNA efektif, juga melawan varian Delta, dan bahwa vaksin Moderna tampaknya memiliki efek vaksin yang setidaknya sama baiknya dengan vaksin Pfizer-BioNTech," kata Geir Bukholm, Direktur Divisi Pengendalian Infeksi dan Asisten Direktur Jenderal di NIPH.

Bukholm menambahkan bahwa vaksinasi adalah alat penting yang kita miliki untuk memerangi pandemi ini.

Baca juga: Vaksin Pfizer dan Moderna Berbasis mRNA, Apa Itu Messenger RNA?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

"NIPH merekomendasikan agar semua orang di Norwegia mengatakan, ya, ketika mereka ditawari vaksin, terlepas dari vaksin mRNA (vaksin Pfizer atau Moderna) mana yang ditawarkan," imbuhnya.

Seperti yang telah diketahui bahwa vaksin Pfizer dan vaksin Covid-19 yang dikembangkan Moderna, menggunakan teknologi vaksin yang sama.

Kedua vaksin virus corona ini didasarkan pada teknologi yang sama, yang juga dikembangkan untuk memberikan perlindungan dari infeksi virus SARS-CoV-2.

Vaksin mRNA, baik dari Pfizer maupun Moderna, sama-sama menargetkan bagian yang sama dari virus corona, yakni protein spike, yang bertanggung jawab dalam menginfeksi sel inang dan menyebabkan Covid-19 pada orang yang terinfeksi.

Cara kerja vaksin Pfizer dan Moderna, juga sama. Setelah dosis pertama vaksin mRNA, tubuh telah belajar mengenali protein spike pada virus corona SARS-CoV-2.

Baca juga: Vaksin Pfizer dan Moderna Segera Dipakai di Indonesia, Apa Bedanya dengan Vaksin Covid-19 Lainnya?

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.