Kompas.com - 25/06/2021, 18:29 WIB
Ilustrasi komet Ilustrasi komet

KOMPAS.com - Sebuah penelitian dari University of Edinburgh mengungkapkan, kalau komet yang menabrak bumi 13.000 tahun lalu menjadi pemicu dari peradaban manusia di planet ini.

Kesimpulan ini diambil berdasarkan pada pecahan-pecahan komet yang telah dianalisis oleh peneliti dari empat benua, terutama Amerika Utara dan Greenland.

Dalam studi tersebut, peneliti menyoroti tingkat kelebihan platinum, tanda-tanda lelehan material pada suhu yang sangat tinggi dan deteksi nanodiamond yang diketahui ada di dalam komet serta terbentuk selama ledakan energi tinggi. Dan semua bukti ini sangat mendukung teori dampak komet itu.

Baca juga: Ledakan Komet Diduga Jadi Penyebab Hancurnya Desa Kuno di Suriah

Mengutip Science Daily, Jumat (25/6/2021) tubrukan komet itu kemungkinan juga menjadi peristiwa kosmik yang paling menghancurkan sejak kepunahan dinosaurus.

Analisis peneliti menunjukkan kalau tubrukan komet itu terjadi sebelum dimulainya periode Neolitik di Asia Barat. Selama waktu itu manusia diwilayah yang tersebut merupakan pemburu-pengumpul.

Namun setelah itu, terjadi peralihan gaya hidup menjadi pertanian dan membuat pemukiman permanen.

Hal tersebut menunjukkan, jika ada perubahan besar dalam cara masyarakat manusia mengatur diri mereka sendiri.

Satu peradaban di wilayah Asia barat bahkan mengabadikan tabrakan tersebut. Martin Sweatman, penulis studi ini menyebut jika bencana kosmik ini tercatat di pilar batu raksasa Gobekli Tepe, yang kemungkinan merupakan kuil pertama di dunia di Asia Barat Daya.