Kompas.com - 04/06/2021, 10:02 WIB
Ilustrasi satelit pixabayIlustrasi satelit

KOMPAS.comSatelit adalah bulan, planet, atau mesin yang mengorbit mengelilingi planet atau bintang. Contohnya, bulan adalah satelit bumi karena bulan mengorbit mengelilingi bumi. Bumi, sebagai planet, juga merupakan satelit karena bergerak mengorbit mengelilingi matahari.

Satelit ada dua macam, satelit alami dan satelit buatan manusia. Contoh satelit alami adalah bumi dan bulan. Sedangkan satelit buatan manusia adalah yang diluncurkan oleh manusia dengan berbagai tujuan.

Satelit buatan manusia bisa mengorbit mengelilingi Bumi karena ada keseimbangan dengan gaya gravitasi Bumi. Masing-masing satelit memiliki jalur orbitnya masing-masing sesuai dengan tujuan dan fungsi masing-masing satelit.

Satelit buatan manusia pertama kali dibuat pada tahun 1957 oleh Rusia. Nama satelit ini adalah Sputnik 1. Sedangkan satelit pertama buatan Amerika Serikat diluncurkan pada tahun 1958 dengan nama Explorer 1.

Baca juga: Kenapa Banyak Gambar Satelit Israel dan Palestina yang Kabur?

Ternyata satelit memiliki fungsi yang penting bagi kehidupan manusia. Dilansir dari NASA, berikut adalah fungsi dari satelit bagian kehidupan manusia.

Melihat lebih jauh gambaran bumi

Satelit mampu terbang jauh di atas permukaan bumi. Jadi satelit mampu melihat gambaran Bumi dengan lebih luas untuk memahami lebih jauh tentang Bumi. Satelit mampu terbang tinggi melalui awan dan molekul yang terdapat pada atmosfer.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melalui satelit, NASA mampu mempelajari awan, daratan, lautan, dan es di kutub Bumi. Satelit juga mampu mengumpulkan informasi mengenai gas apa saja yang terkandung di dalam atmosfer, seperti karbon dioksida.

Baca juga: Data dari Satelit dan AI Bisa Prediksi Wabah Kolera, Begini Caranya

Informasi ini sangat bermanfaat dan membantu peneliti untuk memprediksi cuaca dan iklim. Ini akan membantu petugas terkait untuk mempersiapkan bencana alam yang mungkin terjadi.

Lebih jauh lagi, informasi ini akan bermanfaat untuk petani untuk memperkirakan kapan waktu tanam dan panen yang tepat.

Selain itu, satelit juga bisa menangkap gambar dunia di luar angkasa seperti gambar planet lain, bintang, dan benda langit lainnya. Melalui informasi dari satelit, NASA bisa mengetahui jika ada tanda-tanda kehidupan di planer lain seperti Mars dan Venus.

Halaman:


Sumber Space,NASA
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.