Kompas.com - 03/06/2021, 20:15 WIB
Ilustrasi serangan jantung, jantung berdebar ShutterstockIlustrasi serangan jantung, jantung berdebar

KOMPAS.com - Sebuah penelitian baru di Denmark mengungkap, hampir 1 dari 4 serangan jantung dapat muncul dengan gejala atipikal atau tidak biasa, seperti kelelahan ekstrem, kesulitan bernapas, atau sakit perut.

Penulis studi Amalie Lykkemark Møller dari Rumah Sakit Nordsjællands di Hillerød, Denmark mengatakan, gejala atipikal atau gejala tidak biasa serangan jantung paling umum terjadi pada orang tua, terutama wanita.

“Umumnya mereka menelepon saluran bantuan non-darurat untuk mendapatkan bantuan. Ini menunjukkan, bahwa pasien tidak menyadari bahwa gejala mereka memerlukan perhatian segera,” katanya.

Baca juga: Jangan Keliru, Ini Beda Gejala Serangan Jantung dan Serangan Panik

Penelitian yang telah diterbitkan di European Heart Journal-Acute Cardiovascular Care pada 6 mei lalu, menganalisis data panggilan terkait serangan jantung ke saluran bantuan medis 24 jam dan nomor darurat di Denmark antara 2014 hingga 2018.

Dari 7.222 panggilan yang disertai oleh diagnosis serangan jantung dalam tiga hari, 72% gejala primer yang paling sering tercatat adalah nyeri dada.

Sementara 24% persen pasien memiliki gejala atipikal, dengan masalah pernapasan yang paling umum.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tingkat nyeri dada paling banyak terjadi pada pria berusia 30 hingga 59 tahun yang menelepon nomor darurat. Usia mereka terbilang muda, jika dibandingkan dengan wanita yang rata-rata berusia di atas 79 tahun yang menelepon saluran bantuan non-darurat.

Gejala atipikal paling sering dilaporkan oleh pasien yang lebih tua, terutama wanita.

Perbedaan angka kematian

Pada akhirnya, 5% pasien dengan nyeri dada meninggal dalam waktu 30 hari setelah menghubungi nomor darurat, begitu pula 3% dari mereka yang menelepon saluran bantuan medis.

Angka itu naik menjadi 23% untuk penelepon darurat dan 15% penelepon saluran bantuan dengan gejala atipikal.

Baca juga: Mengapa Serangan Jantung Tidak Terjadi pada Hewan?

Halaman:


Sumber eatthis
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.