Kompas.com - 29/05/2021, 21:27 WIB
Ilustrasi lavender Ilustrasi lavender

KOMPAS.comNyamuk merupakan hewan yang kecil namun sangat mengganggu. Selain suaranya yang mengganggu dan menyebabkan gatal jika tergigit nyamuk, nyamuk juga bisa membawa berbagai penyakit. Misalnya demam berdarah atau malaria.

Nyamuk banyak hidup di daerah yang lembab dan panas. Pemerintah pun telah meluncurkan cara untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk dengan cara 3M: menguras baik air, menyingkirkan barang bekas, dan menutup tempat penyimpanan air.

Untuk mencegah gigitan nyamuk, sudah tersedia obat nyamuk di pasaran dalam berbagai bentuk. Ada anti nyamuk yang berupa semprotan, obat nyamuk bakar, obat nyamuk elektrik, dan obat nyamuk oles.

Namun, pada anak-anak dan beberapa orang yang sensitif mungkin tidak bisa menggunakan obat-obatan tersebut.

Baca juga: Mengapa Nyamuk Tertarik pada Darah Manusia? Ilmuwan Jelaskan

Banyak bahan-bahan alami yang ternyata memiliki manfaat untuk mengusir nyamuk. Dilansir dari Health Line, berikut tanaman herbal untuk mengusir nyamuk.

Lavender

Lavender adalah bunga berwarna ungu yang memiliki banyak manfaat. Lavender memiliki efek analgesik, antijamur, dan antiseptik. Selain mengusir nyamuk karena aromanya, lavender juga bisa menenangkan kulit yang gatal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anda bisa menanam lavender di rumah Anda. Jika dibutuhkan, Anda tinggal mengambil beberapa bunga lavender, lalu menumbuknya. Setelah itu, oleskan bunga lavender ke bagian kulit yang rentan terkena gigitan nyamuk seperti tangan dan kaki.

Kayu manis

Kayu manis tidak hanya memiliki rasa yang enak, namun ternyata juga bisa mengusir nyamuk. Sebuah studi di Taiwan menunjukkan bahwa minyak atsiri kayu manis bisa membunuh telur nyamuk dan mengusir nyamuk.

Anda bisa menggunakan minyak atsiri kayu manis untuk mengusir nyamuk, namun pastikan Anda mengencerkannya terlebih dahulu untuk mencegah iritasi. Larutan kayu manis bisa disemprotkan ke kulit, baju, atau di sekitar rumah Anda.

Timi

Daun timi atau thyme terbukti mampu memberikan perlindungan terhadap gigitan nyamuk, terutama untuk nyamuk yang menyebarkan malaria. Jika Anda sedang berkemah, menambahkan daun timi ke api unggun merupakan cara mengusir nyamuk yang ampuh.

Halaman:


Sumber Healthline,
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X