Kompas.com - 20/04/2021, 20:30 WIB
Ilustrasi cuaca ekstrem, cuaca buruk, peringatan dini cuaca ShutterstockIlustrasi cuaca ekstrem, cuaca buruk, peringatan dini cuaca

KOMPAS.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan agar masyarakat waspada terhadap cuaca ekstrem dalam sepekan ke depan.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan, bahwa peluang cuaca ekstrem berupa hujan lebat yang disertai kilat atau petir dan angin kencang berpeluang terjadi karena dipicu beberapa kondisi dinamika atmosfer.

Baca juga: Siklon Tropis Surigae Menjauhi Indonesia, Tetap Waspada Cuaca Ekstrem

1. Typhoon Surigae

Berdasarkan hasil monitoring BMKG pukul 07.00 WIB, Surigae masih sangat kuat dan bisa berdampak pada kondisi gelombang tinggi dan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

"Typhoon Surigae posisinya sudah sangat jauh dari wilayah Indonesia, akan tetapi dampak tidak langsung terhadap kondisi cuaca dan gelombang di wilayah Indonesia masih dapat terjadi dalam 24 jam ke depan," kata dia.

2. Pola sirkulasi Eddy

Dijelaskan Guswanto, pola sirkulasi Eddy dengan pola antisiklonal juga terpantau di utara Papua.

Berdasarkan analisis terbaru, dua pola sikonal di dekat Papua tersebut masih menunjukkan potensi yang rendah untuk menjadi bibit siklon dalam 24 jam ke depan.

Eksistensi pola siklonal dan sirkulasi Eddy di wilayah timur Indonesia tersebut, berdampak pada pembentukan pola konvergensi dan perlambatan angin.

Hal ini dapat berkontribusi pada peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia bagian Tengah dan Timur sebelah utara ekuator.

"BMKG terus melakukan monitoring terhadap perkembangan pola siklonal tersebut untuk mengantisipasi perkembangan yang signifikan dan bisa berdampak pada potensi cuaca ekstrem," kata dia.

ilustrasi hujan lebatWavebreakmedia Ltd ilustrasi hujan lebat

Berikut daftar wilayah yang berpeluang terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat dalam sepekan ke depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X