Kompas.com - 06/04/2021, 17:28 WIB
Ilustrasi tripel konjungsi Bulan-Mars-Aldebaran. Fenomena langit ini akan terjadi pekan ini, 19 Maret 2021. SHUTTERSTOCK/Jose L. StephensIlustrasi tripel konjungsi Bulan-Mars-Aldebaran. Fenomena langit ini akan terjadi pekan ini, 19 Maret 2021.


KOMPAS.com- Mulai malam ini, Selasa (6/4/2021), dan selama tiga hari berturut-turut, fenomena tripel konjungsi Bulan, Jupiter, dan Saturnus akan hadir menghiasi langit Indonesia.

Berdasarkan keterangan resmi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menyebutkan bahwa kesempatan mengamati fenomena langit ini adalah di arah Timur-Tenggara dekat konstelasi Capricornus.

Anda yang berminat mengamatinya bisa memilih waktu sejak pukul 03.00 WIB waktu setempat atau sekitar fajar bahari (42 menit setelah Matahari terbenam) berakhir.

Peneliti di Pusat Penelitian Sains Antariksa Lapan, Andi Pangerang, mengatakan, magnitudo ketiga benda langit, Bulan, Jupiter, dan Planet Saturnus ini cukup bervariasi.

Baca juga: Mulai Malam Ini, Konjungsi Mars-Pleiades dan Merkurius-Jupiter-Saturnus Ada di Langit Indonesia

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Malam ini, saat berkonjungsi dengan bulan, planet Jupiter akan tampak dengan magnitudo kecerlangan antara -2,08 hingga -2,09.

Sedangkan, magnitudo planet Saturnus adalah konstan di angka +0,74.

"Bulan berfase sabit akhir ketika konjungsi tripel dengan iluminasi bervariasi antara 34,4 persen hingga 15,8 persen," ujarnya.

Tentunya fenomena tripel konjungsi Bulan, Jupiter dan Saturnus, yang mulai malam ini dapat tampak di langit Indonesia, jika cuaca cerah, langit malam cukup gelap dan juga bebas dari polusi cahaya.

Baca juga: Ada Aldebaran, Jangan Lewatkan Tripel Konjungsi Bulan, Mars, Aldebaran Petang Ini

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.