Kompas.com - 24/03/2021, 12:02 WIB
Misi ELSA-d yang diluncurkan akan mendemonstrasikan teknologi untuk menangkap puing antariksa. nprMisi ELSA-d yang diluncurkan akan mendemonstrasikan teknologi untuk menangkap puing antariksa.

KOMPAS.com - Sebuah misi uji coba membersihkan puing-puing antariksa diluncurkan dari Baikonur Cosmodrome di Kazakhstan, Senin (22/3/2021) waktu setempat.

Misi yang disebut dengan End-of-Life Services by Astroscale (ELSA-d) ini akan menunjukkan teknologi yang dapat membantu menangkap sampah luar angkasa, jutaan keping puing orbital yang mengambang di atas Bumi.

Nantinya ELSA-d akan bekerja dengan cara menempelkan ke satelit mati, lalu mendorongnya ke Bumi agar terbakar di atmosfer.

Baca juga: ISS Buang 2,9 Ton Baterai, Jadi Sampah Antariksa Paling Masif

Seperti dikutip dari NPR, Selasa (23/3/2021) ELSA-d yang digawangi oleh Astroscale, perusahaan yang berbasis di Jepang ini akan menggunakan teknologi docking magnetis.

Teknologi tersebut melibatkan 'satelit layanan' dan 'satelit klien' yang diluncurkan bersama. Penyedia layanan akan melepaskan satelit untuk bertemu dengan satelit klien yang bertindak sebagai tiruan dari sampah luar angkasa.

Misi yang dijalankan dari Inggris ini kemudian akan melakukan proses penangkapan dan pelepasan tersebut berulang kali selama enam bulan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tujuannya adalah untuk membuktikan kemampuan satelit penyedia layanan untuk melacak dan menangkap target dalam berbagai tingkat kerumitan.

Sampah antariksa telah menjadi masalah yang berkembang selama bertahun-tahun.

Benda-benda buatan manusia tersebut menumpuk di orbit Bumi yang rendah, melepaskan diri orbit, meledak atau bertabrakan dengan benda lain, dan kemudian terpecah menjadi potongan-potongan kecil.

Pada 2019 misalnya, India meledakkan salah satu satelitnya yang mengorbit Bumi. Namun hal tersebut menciptakan ratusan keping puing yang mengancam akan bertabrakan dengan Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Halaman:


Sumber NPR
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.