Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serba-serbi Hewan: Bagaimana Panda Berkomunikasi Satu Sama Lain?

Kompas.com - 24/03/2021, 07:03 WIB
Dea Syifa Ananda,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

Sumber Sciencing

KOMPAS.com - Panda, hewan asal China yang punya bercak hitam besar di sekitar matanya, di atas telinga, dada, dan tangan membuat siapapun yang melihatnya gemas.

Hewan pemakan bambu ini hidup di beberapa pegunungan di China tengah. Dengan bobot 75-135 kilogram, panda dapat hidup hingga berusia sekitar 30 tahun.

Biasanya, hewan lain berkomunikasi melalui visual, suara, ekolokasi, getaran, bahasa tubuh, dan bau. Namun berbeda dengan hewan lucu asal China ini.

Wajah panda tidak bisa menampilkan ekspresi wajah. Ia juga tak memiliki telinga yang tidak cukup tinggi untuk dimiringkan ke depan dan memiliki ekor yang terlalu pendek.

Karena keterbatasan inilah panda terpaksa berkomunikasi menggunakan metode lain.

Lalu, seperti apa cara panda berkomunikasi?

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Kenapa Panda Tidak Makan Daging?

Menandai Aroma

Panda menandai aromanya untuk berkomunikasi dengan sesama. Ia menciptakan sekresi dari kelenjar anal dan kemudian menggosokkannya ke batang pohon dan batu.

Sekresi ini adalah zat berwarna gelap, kental dan lengket yang tidak mudah untuk dikeluarkan sehingga butuh kerja keras untuk itu.

Dilansir Sciencing, Jumat (22/11/2019) seekor panda akan meninggalkan bekas sebagai sinyal bahwa ia sedang birahi dan siap bereproduksi atau menandai wilayah. 

Panda lain dapat mengetahui banyak hal dari tanda aroma, termasuk jenis kelamin, usia, suasana hati, dan status reproduksinya.

Hampir sepanjang tahun, panda berkomunikasi dengan cara ini, dan setiap aroma yang ditandai panda unik dan digunakan untuk identifikasi pribadi.

Seekor panda akan menggunakan berbagai posisi untuk menandai aroma, seperti kepala berdiri ataupun jongkok.

Bekas bau yang ditandai ini juga dapat mengungkapkan banyak informasi. Seperti apakah panda itu betina atau jantan, apakah sedang musim kawin, atau bahkan seberapa tinggi panda raksasa itu.

Baca juga: Perilaku Aneh Panda Lumuri Kotoran Kuda di Tubuhnya, Apa Alasannya?

Berkomunikasi Lewat Vokal

Selain menandai aroma, panda  juga memiliki cara lain untuk berkomunikasi yaitu menggunakan vokal yang mereka miliki. Uniknya, mereka memiliki  11 suara berbeda tergantung dengan situasi dan kondisi.

Untuk mengintimidasi panda lain, mereka akan membuat suara gonggongan. Sedangkan selama musim reproduksi, pasangan yang akan kawin biasa mengeluarkan suara mengembik seperti kambing. 

Panda biasanya merupakan hewan yang pendiam dan menyendiri, tetapi mereka mungkin menggunakan berbagai suara untuk berkomunikasi satu sama lain. Seperti mencicit, menggeram, menggonggong, dan terengah-engah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com