Kompas.com - 23/03/2021, 07:00 WIB
Ilustrasi daun kelor (Moringa oleifera) SHUTTERSTOCK/Red ConfidentialIlustrasi daun kelor (Moringa oleifera)

KOMPAS.com - Serba-serbi tentang daun kelor yang juga disebut sebagai superfood adalah salah satu topik populer Sains Kompas.com edisi Senin, 22 Maret 2021 yang banyak dibaca.

Selain kelor, berita populer lainnya adalah tentang temuan naskah kuno berisi ayat Alkitab yang ditemukan di gua horor Israel, hiu bersayap yang menjelajahi lautan 93 juta tahun lalu, hingga catatan sejarah Sains soal pesawat Space Shuttle yang diluncurkan NASA ke orbit Bumi 39 tahun lalu.

Baca juga: [POPULER SAINS] Asteroid Melintas Dekat Bumi Semalam | Kupas Tuntas Filler

Berikut ulasannya untuk Anda.

1. Serba-serbi daun kelor

Daun kelor (Moringa oleifera) dikenal masyarakat dapat mengusir setan. Terlepas dari mitos yang melekat, daun kelor sebenarnya kaya manfaat bagi kesehatan.

Tak heran, bahan pangan satu ini disebut superfood. Bahkan, Organisasi Pangan Dunia Food and Agriculture Organization (FAO) sempat memasukkan kelor sebagai Crop of the Month di tahun 2018.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengutip laman resmi Kementerian Pertanian-Direktorat Jenderal Perkebunan, perbenihan.ditjenbun.pertanian.go.id, kelor (Moringa oleifera) merupakan salah satu jenis tanaman multiguna.

Kelor dapat tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi sampai di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan air laut (m dpl).

Penyebaran kelor menyebar mulai dari Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat.

Diberitakan Kompas.com, 17 Januari 2020, dalam buku Tanaman Kelor: Nilai Gizi, Manfaat, dan Potensi Usaha (2018) oleh F.G. Winarno, kelor termasuk satu di antara delapan mega superfood (pangan super).

Superfood merupakan pangan fungsional yang bergizi tinggi dan kaya fitokimia yang bermanfaat bagi tubuh dan kesehatan. Dengan reputasinya yang sudah dipercaya sejak bertahun-tahun silam, daun kelor juga dipercaya punya segudang manfaat.

Bagaimana budidaya dan manfaat kelor, baca selengkapnya di sini:

Mengenal Kelor si Tanaman Superfood, dari Manfaat hingga Budidaya

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X