Kompas.com - 09/12/2020, 12:02 WIB


KOMPAS.com- Bagi penyuka panda, mungkin Anda akan cukup terganggu dengan fakta terbaru mengenai hewan pemakan bambu ini.

Dalam pengamatannya, peneliti menemukan perilaku yang tak biasa pada panda raksasa. Peneliti telah mengamati kalau hewan endemik China ini berguling-guling di atas kotoran kuda dan bahkan mengusapkannya pada tubuh mereka sendiri.

Hal tersebut pun membuat peneliti bertanya-tanya. Apakah perilaku itu untuk menutupi bau dari predator, semacam kamuflase, atau hanya kesenangan yang dilakukan panda semata.

Seperti dikutip dari IFL Science, Selasa (8/12/2020) Profesor Fuwen Wei dari Chinese Academy of Sciences mencatat bahwa mamalia jarang tertarik pada kotoran.

Baca juga: Tak Lagi Menggemaskan, di Alam Liar Panda Ternyata Sangat Agresif

 

Biasanya mereka menunjukkan keengganan, kemungkinan untuk membatasi infeksi parasit.

Namun apa yang terlihat pada panda raksasa ini menjadi sebuah pengecualian dan perilaku tersebut menarik untuk dianalisis.

Selama 10 tahun, tim Profesor Wei mengamati panda liar di Qinling. Betapa terkejutnya saat mereka menemukan perilaku yang tak biasa pada panda.

Pertama-tama saat menemukan kotoran kuda, panda akan mengendus dengan hati-hati.

Selanjutnya menggosok kotoran pada pipi mereka, bergulung di atas kotoran, dan mengusap-usapkannya ke seluruh tubuh mereka. Kamera berhasil merekam 38 kejadian tersebut hanya dalam periode satu tahun.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.