Kompas.com - 10/03/2021, 13:02 WIB
Ilustrasi Vaksin Covid-19 ShutterstockIlustrasi Vaksin Covid-19

KOMPAS.com - Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Penny K Lukito dalam konferesi pers, Selasa (9/3/2021) menegaskan bahwa vaksin AstraZeneca tidak akan digunakan untuk vaksinasi mandiri atau vaksin gotong royong. Hal tersebut sejalan dengan aturan yang ditetapkan oleh pemerintah.

"Vaksin yang diberikan di dalam vaksin gotong royong harus berbeda brand-nya dengan program vaksinasi nasional ini," ungkap Penny.

"Jadi, AstraZeneca bukan termasuk vaksin yang akan digunakan dalam vaksin mandiri atau vaksin gotong royong," lanjutnya.

Diberitakan Kompas.com, Senin (1/3/2021) vaksinasi gotong royong adalah program vaksin yang diikuti dan dibebankan kepada perusahaan. Vaksin diberikan gratis ke semua pekerja atau karyawan, keluarga, dan individu lain terkait.

Lalu, vaksin apa saja yang termasuk kedalam vaksin gotong royong?

Baca juga: BPOM: Efikasi Vaksin AstraZeneca 62,1 Persen dengan Efek Samping Ringan-Sedang

Vaksin gotong royong

Terdapat 3 Vaksin yang akan digunakan untuk vaksin mandiri atau vaksin gotong royong.

Di antaranya adalah Sinopharm yang sedang berproses registrasinya, vaksin Novavax, dan vaksin Moderna. Berikut ulasannya.

1. Vaksin Sinopharm 

Melansir Gulf News, vaksin Sinopharm dikeluarkan oleh Sinopharm's China National Biotec Group (CNBG) yaitu perusahaan bioteknologi milik negara China yang berbasis di Beijing. Setiap shot-nya dinamakan dengan nama lain yaitu BBIBP-CorV. 

Uji coba Vaksin Sinopharm dimulai pada bulan September dengan uji coba Fase III yang telah dilakukan di 10 negara di seluruh dunia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X