Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hutan Amazon Alami Puncak Deforestasi dalam 12 Tahun Terakhir

Kompas.com - 07/12/2020, 07:00 WIB
Gloria Setyvani Putri

Editor

KOMPAS.com - Deforestasi di hutan hujan Amazon, Brasil, melonjak ke taraf tertinggi sejak 2008, menurut laporan badan antariksa Brazil (INPE).

Area hutan hujan seluas 11.088 kilometer persegi dibabat sejak Agustus 2019 hingga Juli 2020. Itu mengalami peningkatan 9,5 persen ketimbang periode sama tahun lalu.

Deforestasi adalah kegiatan penebangan hutan atau tegakan pohon sehingga lahannya dapat dialihgunakan untuk penggunaan nir-hutan, yakni pertanian, peternakan atau kawasan perkotaan.

Hutan Amazon adalah penyimpan karbon penting yang memperlambat laju pemanasan global.

Baca juga: Ahli Temukan Lukisan Purba Sepanjang 13 Kilometer di Pedalaman Amazon

Para peneliti mengatakan hutan itu mengalami deforestasi dengan laju yang kian cepat sejak Presiden Jair Bolsonaro menjabat pada Januari 2018.

Bolosonaro dinilai mendorong aktivitas pertanian dan pertambangan di hutan hujan terbesar di dunia itu.

Padahal, hutan hujan ini adalah rumah bagi sekitar tiga juta flora dan fauna, serta satu juta masyarakat adat.

Data terbaru menandai peningkatan besar luas area deforestasi hutan Amazon, dari 7.536 kilometer persegi yang diumumkan oleh INPE pada 2018, tahun sebelum Bolsonaro menjabat.

Data terbaru ini merupakan data awal, dengan angka resmi pemerintah baru akan dirilis awal tahun depan.

Brasil telah menargetkan untuk memperlambat laju deforestasi menjadi 3.900 kilometer persegi setiap tahun pada tahun 2020.

Akan tetapi, selain mendorong pembangunan di hutan Amazon, Presiden Bolsonaro juga memotong dana untuk lembaga federal yang berwenang mendenda serta menangkap petani dan penebang yang melanggar undang-undang lingkungan.

Bolsonaro sebelumnya berseteru dengan INPE terkait data deforestasi. Tahun lalu, dia menuding badan tersebut mencoreng reputasi Brasil.

Dalam sebuah pernyataan, lembaga swadaya masyarakat Climate Observatory mengatakan angka-angka tersebut mencerminkan hasil sukses dari upaya memusnahkan kapasitas negara Brasil dan badan inspeksi untuk menjaga hutan kita dan memerangi kejahatan di Amazon.

Hutan AmazonANTONIO SCORZA/AFP Hutan Amazon

Tetapi beberapa pejabat mengatakan fakta bahwa tingkat deforestasi yang lebih rendah dari yang tercatat tahun lalu merupakan tanda kemajuan.

"Meskipun kami tidak di sini untuk merayakan ini, hal itu menandakan bahwa upaya yang kami lakukan mulai membuahkan hasil," kata Wakil Presiden Hamilton Mourão kepada wartawan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com