Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dianggap Efek Samping Parah, Brasil Tangguhkan Vaksin Covid-19 Sinovac

Kompas.com - 10/11/2020, 19:32 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com- Di tengah harapan baik vaksin Covid-19 yang dikembangkan Pfizer dan BioNTech, ada kabar buruk terkait uji coba vaksin Sinovac.

Brasil dikabarkan menangguhkan uji coba fase 3 vaksin Covid-19 buatan perusahaan farmasi China, Sinovac.

Dikutip dari Reuters, Selasa (10/11/2020), penghentian uji coba itu dilakukan menyusul efek samping yang parah. Namun, pihak Sinovac membantah telah terjadi kematian, tetapi tidak terkait dengan vaksin.

Regulator kesehatan Brasil, Anvisa melaporkan pada Senin (9/11/2020), insiden tersebut terjadi pada 29 Oktober.

Baca juga: Bio Farma: 340 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Sinovac untuk Indonesia pada 2021

 

Uji coba klinis vaksin CoronaVac yang dikembangkan Sinovac adalah uji coba tahap akhir berskala besar yang sedang dilakukan untuk vaksin tersebut.

Namun, vaksin tersebut justru menghadapi kontroversi di Brasil dan Presiden Jair Bolsonaro menolaknya karena dianggap kredibilitas vaksin yang kurang.

Kepala lembaga penelitian medis Sao Paolo Butantan, Dimas Covas mengatakan keputusan regulator terkait kematian menambah keanehan, sebab kematian tersebut tidak terkait dengan vaksin.

Baca juga: CoronaVac, Vaksin Corona Sinovac Disebut Aman di Brasil

 

"Karena saat ini ada lebih dari 10.000 sukarelawan, kematian dapat terjadi. Ini adalah kematian yang tidak ada hubungannya dengan vaksin. Oleh karena itu, bukan saatnya menghentikan uji coba," kata Covas.

Dalam sebuah pernyataan, Sinovac menyampaikan melalui situs webnya, sangat yakin dengan keamanan vaksin Covid-19 yang dikembangkannya, dan akan terus berkomunikasi dengan Brasil mengenai masalah tersebut.

Uji klinis fase 3 vaksin Covid-19 yang dikembangkan Sinovac tak hanya dilakukan di Brasil. Saat ini, vaksin virus corona tersebut juga tengah diujikan di Indonesia dan Turki.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com